Suara Parlemen

HRD Minta Pemerintah Fokus Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Anggota Komisi V DPR RI, Ruslan M.Daud (HRD) mengingatkan pemerintah agar tetap fokus menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan, terutama saat ..

HRD Minta Pemerintah Fokus Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Jalan
SERAMBINEWS.COM/FERIZAL HASAN
Anggota Komisi V DPR RI, Ruslan M Daud (HRD). 

HRD Minta Pemerintah Fokus Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI, Ruslan M Daud (HRD) mengingatkan pemerintah agar tetap fokus menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan, terutama saat libur panjang seperti tahun baru.

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2017 dilaporkan bahwa jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 98,4 ribu kejadian, jumlah ini memang terjadi penurunan dibandingkan tahun sebelumnya 2016 yang mencapai 106,6 ribu kejadian.

"Namun angka itu masih sangat tinggi dan harus dilakukan langkah-langkah pasti dalam rangka menekan jumlah kecelakaan lalu lintas yang melampaui angka korban bencana alam di Indonesia," kata HRD di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Secara khusus HRD juga menyoroti angka kecelakaan lalu lintas di Aceh. Berdasarkan data Dirlantas Polda Aceh kecelakaan lalu lintas dari tahun 2013 – 2017 masih tergolong tinggi.

Perangkat Kampung Semadam Aceh Tamiang Hentikan Pengeboran Sumur Minyak Liar

Selama Oktober 2019, Nilai Impor Gula Aceh Capai Rp 5,9 Miliar

Sejumlah Kecamatan di Aceh Barat Digenangi Banjir, Ini Desa yang Terendam

Pada tahun 2013 ada 1414 kejadian, tahun 2014 mencapai 1509 kejadian, 2015 terdapat 1976 kasus, pada 2016 mencapai 3006 kejadian, lalu pada tahun 2017 masih mencapai angka 1948 kejadian sedikit menurun dibandingkan dengan tahun 2016 tapi masih lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2014.

Bupati Bireuen 2012-2017 itu meminta kepada pemerintah khususnya instansi terkait agar terus meningkatkan kinerjanya dalam upaya menekankan angka kecelakaan lalu lintas darat khususnya lalu lintas jalan raya.

Kementerian perhubungan misalnya, diminta menyediakan insfrastruktur yang memadai sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan.

"Rambu lalu lintas dan penerangan jalan juga merupakan faktor penting dalam mencegah kecelakaan lalulintas jalan," kata HRD.

Ustaz Abdul Somad Kembali Ceramah di Aceh, Lihat Jadwalnya di Sini

Politisi PKB ii mendesak Kementerian Perhubungan agar melengkapi penerangan jalan dan rambu lalu lintas di sepanjang jalan pantai Timur, Utara, Tengah dan Barat Selatan Aceh.

HRD menambahkan bahwa Penerangan Jalan Umum (PJU) dapat memberikan kontribusi positif dalam menekan angka kecelakaan terutama untuk bus lintas jalan nasional yang umumnya beroperasi di malam hari.

“Selama ini banyak bus yang dilempari pada titik-titik rawan yang umumnya tidak ada PJU. Banyak kerugian termasuk korban jiwa. Oleh sebab itu, kebutuhan PJU sudah sangat urgen di Aceh” demikian HRD.(*)

Bertandang Lawan Karo United di Stadion Mini USU Medan Rabu Lusa, PSLS Lhokseumawe Boyong 20 Pemain

Illiza Saaduddin Djamal Setujui RUU Pembantu Rumah Tangga Masuk Prolegnas DPR RI

Pedangdut Nella Karisma Buka Suara Soal Tuduhan Selingkuh Dengan Mantan Bupati

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved