Aceh Hebat

Pemerintah Aceh Turunkan Tim Penyuluh ke Daerah, Lakukan Supervisi Pengelolaan Dana Desa

Pemerintah Aceh akan menurunkan tim supervisinya untuk melakukan penyuluhan pengelolaan dana pemanfaatan dana desa

Pemerintah Aceh Turunkan Tim Penyuluh ke Daerah, Lakukan Supervisi Pengelolaan Dana Desa
For Serambinews.com
Sekda Aceh dr Taqwallah MKes 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Pemerintah Aceh, pada tanggal 5 – 15 Desember 2019 mendatang, akan menurunkan tim supervisinya untuk melakukan penyuluhan pengelolaan dana pemanfaatan dana desa.

“Tim supervisi ini kita turunkan, dengan maksud untuk membina pengelola dana desa, agar pemanfaatan dana desa yang sangat besar itu, bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, mengurangi angka kemiskinan, dan pengangguran di desa,” kata Sekda Aceh, dr Taqwallah M.Kes, kepada wartawan Senin (2/12/2019) di Banda Aceh.

Target utama dalam melakukan supervisi pengelolaan dana desa tahun 2019, tegas Taqwallah, dana desa senilai Rp 4,9 triliun itu, bisa dicairkan kepada 6.497 desa di Aceh sebesar 100 persen.

VIDEO VIRAL - Pengakuan Ibu Tega Seret Anaknya di Banda Aceh, Berawal dari Tanaman Cabe

Kunjungan ke kabupaten/kota, kecamatan dan desa, kata Taqwallah, murni untuk melakukan supervisi atau pembinaan tata cara pengelolaan dan pemanfaatan dana desa bagi kesejahteraan masyarakat.

Bukan ingin mencari-cari kesalahan atau sejenisnya.

Karena itu bukan menjadi kewenangannya selaku Sekda Aceh.

"Kalau ada oknum aparat gampong yang melakukan penyimpangan atau penyelewengan dana desa, itu sudah menjadi ranahnya aparat penegak hukum," kata Sekda Aceh.

Pedangdut Nella Karisma Buka Suara Soal Tuduhan Selingkuh Dengan Mantan Bupati

Sekda Aceh turun ke kabupaten/kota, bersama Kadis DPMG Aceh, Azhari SE, MSi, Kadis Kesehatan Aceh, dr Hanif, Kadis Pendidikan Aceh, Drs Rahmad Fitri HD, MPA, Kepala Biro Pemerintah dan intansi terkait lainnya.

Tujuannya, kata Taqwallah untuk membina dan mengajak antara pendamping desa, di desa, kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi, dengan aparatur Dinas PMG Kabupaten/Kota, Camat, Kepala Desa, Tuha Peut, menyatukan pikirannya dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana desa bagi kesejahteraan masyarakat.

Misalnya dalam penyaluran dana desa tahun ini, menurut penjelasan Kepala DPMG Aceh, Azhari hasan, masih ada 9 desa yang belum bisa menarik dana desanya masing-masing sebesar 20 persen, dari pagu yang akan diterimanya tahun ini.

Taqwallah Mengaku Sedih, Jika Ada Dana Desa Tak Bisa Dicairkan

Kemudian dalam penyaluran dana tahap II sebesar 40 persen, masih ada 17 gampong yang belum bisa menerima dana desa tahap II.

Untuk tahap III sebesar 40 persen, jumlah gampong yang belum menerima masih banyak.

Sisa dana desa tahun ini yang belum terealisasi Rp 1,4 triliun lagi.

“Dimana hambatannya, perlu kita duduk bersama mencari solusinya, agar dana desa itu tidak hangus, pada akhir tahun,” tutur Taqwallah.(*)    

Tabrakan Beruntun, Mobil Patroli Polisi Ringsek, Kasatlantas Alami Cidera di Bagian Pelipis Mata 

Penulis: Herianto
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved