Mihrab

Menghadapi Musuh Dalam Selimut  

Umat Islam di era sekarang mengalami dua tantangan yang harus diatasi dengan bersatu serta meningkatkan kualitas umat

Menghadapi Musuh Dalam Selimut   
Dr. Tgk. Hasanuddin Yusuf Adan, MCL, M.A 

BANDA ACEH - Umat Islam di era sekarang mengalami dua tantangan yang harus diatasi dengan bersatu serta meningkatkan kualitas umat. Dua tantangan itu yakni musuh dalam selimut yakni umat Islam sendiri yang berperilaku munafik dan orang kafir yang ingin menghancurkan Islam dan umatnya.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Dewan Dakwah Aceh, Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan MCL MA saat mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) bertemakan 'Tanggung Jawab Muslim terhadap Islam', di Rumoh Aceh Kupi Luwak Jeulingke, Banda Aceh, Selasa (3/12) malam.

"Tantangan umat Islam pada masa Nabi Muhammad yaitu jelas-jelas menghadapi kafir sebagai musuh, sekarang ada orang Islam menjadi musuh bagi Islam sendiri," ujar Tgk Hasanuddin Yusuf Adan pada pengajian KWPSI yang dipandu moderator Dosi Elfian.

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry ini mengungkapkan, musuh Islam dalam selimut pada masa Rasulullah dapat dihitung jari. Salah satunya Abdullah bin Ubay bin Salul, tokoh munafik yang selalu memfitnah Rasulullah dengan berbagai isu.

Kini musuh Islam juga dari kalangan orang-orang munafik dan kafir. Orang munafik diibaratkan pemain bola yang memasukkan bola ke gawang sendiri. Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah salah satu faktornya diakibatkan oleh musuh dalam selimut. "Islam adalah agama yang benar. Konsep Islam tidak boleh abu-abu," terangnya.

Ia menjelaskan, umat Islam harus bersatu yang dapat diwujudkan dengan menghargai perbedaan pendapat serta mengedepankan ukhuwah. Tanggung jawab muslim hari ini bukan hanya memperkenalkan Islam, melainkan mengajak orang kafir masuk Islam, serta meningkatkan kualitas ibadah dan akhlak muslim. Maka dari itu, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kekuasaan. (rel/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved