Berita Banda Aceh

SAR Banda Aceh Evakuasi Tiga Nelayan dari Tengah Lautan Alue Naga, Ini Penyebabnya

Petugas Kantor Search and Rescue (SAR) Banda Aceh, mengevakuasi tiga nelayan dari sebuah boat fiber yang mati mesin di tengah lautan

SAR Banda Aceh Evakuasi Tiga Nelayan dari Tengah Lautan Alue Naga, Ini Penyebabnya
FOR SERAMBINEWS.COM
Seorang Tim SAR dan Relawan Orari mengapit tiga nelayan yang dievakuasi dari Perairan Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, akibat boat yang mereka naiki mati mesin. Boat nelayan itu selanjutnya ditarik ke Pelabuhan Ulee Lheue, Sabtu (14/12/2019) 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Petugas Kantor Search and Rescue (SAR) Banda Aceh, mengevakuasi tiga nelayan dari sebuah boat fiber yang mati mesin di tengah lautan, tepatnya Perairan Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Sabtu (14/12/2019) siang.

Ketiga nelayan yang bermaksud memancing dan menumpangi boat fiber sepanjang 6 meter tersebut sempat terombang-ambing di lautan sebelum dievakuasi oleh Tim Basarnas Banda Aceh.

Kepala Kantor SAR (Kakansar) Banda Aceh, Budiono SE, mengatakan boat nelayan jenis fiber yang digunakan ketiga nelayan untuk memancing itu, tiba-tiba mengalami masalah. Bagian mesinnya mati.

Truk Fuso Terguling di Tikungan Menurun Gunung Kulu Lhoong, Aceh Besar

"Ketiga nelayan itu sedang memancing, tiba-tiba mesin boat yang mereka naiki itu mati. Lalu, nelayan ini pun berupaya menghubungi relawan Orari untuk membantu mereka.

Selanjutnya informasi itu diteruskan ke kami, Tim SAR langsung bergerak dan melakukan persiapan untuk evakuasi," sebutnya.

Budiono menjelaskan ketiga nelayan yang menaiki boat fiber dan berangkat bersama-sama ke laut lepas untuk tujuan memancing tersebut, masing-masing Ilyas Mahmud (65), Bustami (60), dan Muhammadiyah (40), ketiganya tercatat warga Kota Banda Aceh.

Budiono menerangkan saat Ilyas Mahmud, seorang dari nelayan itu melaporkan melalui Hp ke relawan Orari sekitar pukul 12.00 WIB, sehingga info itu diteruskan ke petugas SAR, sekitar pukul 12.15 WIB, Tim Basarnas langsung bergerak ke Perairan Alue Naga.

Tak Kenal Lelah, Usai Latihan Ralasuntai, Prajurit Raider Karya Bhakti di Kuala Ceurape Bireuen

"Boat diperkirakan berada pada jarak sekitar 2,88 Nautical Mile (NM) atau sekitar 5 kilometer lebih dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, arah Utara," sebutnya.

Ia menyebutkan mulai pukul 12.15 WIB, Tim Rescue Kantor SAR Banda Aceh bergerak menuju ke lokasi menggunakan satu boat fiber, akhirnya sekitar pukul 13.00 WIB, tiba di lokasi boat yang alami mati mesin dan ditumpangi oleh ketiga nelayan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Misran Asri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved