Warga Puas dengan Pelayanan Polresta, Hasil Survei Tim Pripol Unsyiah

Polresta Banda Aceh meluncurkan hasil survei pelayanan publik bersama polsek jajarannya, di lantai IV, Aula Mawardy Nurdin

Warga Puas dengan Pelayanan Polresta, Hasil Survei Tim Pripol Unsyiah
SERAMBI/MISRAN ASRI
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, didampingi Kapolresta, Kombes Pol Trisno Riyanti, menyerahkan penghargaan kepada Polsek terbaik di jajaran Polresta, di sela-sela kegiatan survei kepuasan pelayanan di Balai Kota Banda Aceh, Selasa (17/12/2019). 

BANDA ACEH - Polresta Banda Aceh meluncurkan hasil survei pelayanan publik bersama polsek jajarannya, di lantai IV, Aula Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh, Selasa (17/12). Kegiatan survei yang dilaksanakan Tim Pusat Riset Ilmu Kepolisian (Pripol) Unsyiah Banda Aceh itu menunjukkan indeks kepuasan pelayanan publik yang diraih Polresta dan jajarannya di atas rata-rata nasional, yakni 84,75.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pripol Unsyiah, Dr Muhammad Gaussyah SH MH. "Indeks kepuasan publik kepolisian secara nasional berada di angka 81,77. Sementara Polresta Banda Aceh 84,75 dan berada di atas rata-rata nasional," sebut Konsultan Kapolri ini.

Ia mengatakan survei yang dilakukan itu dengan pola penyebaran kuesioner dan melibatkan 1.252 warga yang selama ini merasakan mendapat pelayanan publik selama 6 bulan terakhir.

"Survei ini juga dilaksanakan di jajaran Satuan Polresta serta 18 Polsek di jajaran Polresta dan surveinya dilakukan acak dan berdasarkan umur, pekerjaan dan tingkat pekerjaan," pungkas Dr Gaussyah.

Di kegiatan yang sama, Polresta juga meluncurkan hasil survei yang telah dibukukan dengan mengangkat judul 'Persepsi Masyarakat Terhadap Layanan Polresta Banda Aceh dan Jajaran'.

Peluncuran hasil survei itu ditandai dengan pemukulan rapa:i oleh Wali Kota, Aminullah Usman, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, Ketua Pusat Riset Unsyiah, Dr Gaussyah, Penasehat Pripol Sulaiman Abda, dan Kepala Ombudsman Aceh, Dr Taqwadin.

Wali Kota, Aminullah Usman, menyampaikan apresiasi kepada Kapolresta Banda Aceh dan jajarannya yang telah berinisiatif menggelar survei tersebut dan meraih hasil memuaskan. "Ini sangat luar biasa. Survei kepuasan layanan publik ini inisiatif dan diminta langsung oleh Kapolresta," sebutnya.

Tujuannya tentu saja, Kombes Trisno ingin mengetahui langsung kinerja personel Polresta dalam memberikan pelayanan publik selama ini kepada masyarakat. "Inovasi yang telah dilakukan oleh Polresta Banda Aceh ini layak dicontoh, baik oleh instansi kepolisian yang lain atau instansi pemerintah. Terkadang kita selama ini merasa bangga dengan kinerja kita, tapi kepuasan tersebut tidak pernah kota lakukan dengan melakukan survei seperti yang dilakukan Polresta Banda Aceh," sebut Aminullah.

Karena itu, ia menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peluncuran hasil survei tersebut. Hal itu akan menjadi acuan dalam meningkatkan kinerja Kepolisian dalam memberikan layanan kepada masyarakat di bawah wilayah hukum Polresta Banda Aceh.

Dikatakan Wali Kota, kepuasan masyarakat merupakan indikator utama dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Ia kemudian melihat upaya meningkatkan pelayanan oleh jajaran Polresta Banda Aceh memiliki semangat yang sama dengan Pemko Banda Aceh yang terus berupaya keras menghadirkan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Banda Aceh.

Ia pun menerangkan Polresta dan Pemko Banda Aceh akan terus berinovasi dan berkolaborasi untuk mewujudkan pelayanan yang cepat dan mudah terjangkau. “Ini telah kita wujudkan, saat ini di Banda Aceh sudah hadir Mal Pelayanan Publik (MPP) yang di dalamnya juga ada layanan dari pihak kepolisian seperti SKCK, SIM dan layanan lainnya,” kata Aminullah.

Sementara dari kegiatan survei kepuasan layanan itu juga diumumkan ada tiga Polsek dan Satuan terbaik dalam memberikan pelayanan publik dari hasil penilaian masyarakat. Tingkat Polsek, terbaik pertama diraih Polsek Kuta Alam (91,21). Kedua diraih Darul Imarah (89,73) serta diperingkat ketiga diraih Polsek Ingin Jaya (89,61). Lalu untuk satuan di jajaran Polresta, terbaik satu diraih Satuan Reskrim (88,19). Disusul Satuan Binmas (86,12), ketiga Satuan Intelkam (83,08).

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH mengungkapkan, urvei itu merupakan inisiatif pihaknya. Tujuannya, di samping untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas Polresta dan jajarannya, survei dimaksud juga untuk melihat tingkat kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari Polresta Banda Aceh. "Survei ini dalam upaya meningkatkan kapasitas kinerja personel Polresta Banda Aceh dan jajarannya dalam bekerja dan melayani masyarakat mendapatkan pelayanan," ujarnya.

Di samping itu, memberikan pelayanan yang  baik dan benar sesuai harapan masyarakat serta harapan Pimpinan Polri yang profesional, modern, dan terpercaya (Promoter) menuju standar pelayanan yang mengarah kepada pembangunan Zona Integritas. Lali menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBK/WBBM), pungkas Kapolresta didampingi Kabag Ren, Kompol Muhayat.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved