jurnalisme Warga

Lisdayanti, Pekerja Kemanusiaan yang Peduli Milenial

MARI kita bicara kemanusiaan yang lebih keren dari biasanya, di mana para milenial menjadi motor penggeraknya

Lisdayanti, Pekerja Kemanusiaan yang Peduli Milenial
IST
KHAIDIR SAPUTRA, Guru MtsN Terpadu Langsa, melaporkan dari Kota Langsa

OLEH KHAIDIR SAPUTRA, Guru MtsN Terpadu Langsa, melaporkan dari Kota Langsa

MARI kita bicara kemanusiaan yang lebih keren dari biasanya, di mana para milenial menjadi motor penggeraknya. Mereka yang menjadi ujung tombak berada di barisan terdepan, menyuarakan kepeduliaan, dan menggerakkan kedermawanan. Salah satu dari milenial yang bergiat sebagai pekerja kemanusiaan adalah Lisdayanti, gadis berusia 24 tahun yang berasal dari Aceh Timur. Kini ia berkiprah di Kota Banda Aceh sebagai pekerja kemanusiaan.

Banyak program kemanusiaan yang telah dilakukannya. Mulai dari yang berlingkup lokal di Aceh, berskala nasional, hingga ke berbagai pelosok dunia. Program-program  kemanusiaan yang dilakoninya semata-mata untuk membantu sesama insan yang membutuhkan. Sebut saja yang tidak asing di telinga kita, misalnya  Palestina, Suriah, Somalia, Yaman, etnis Rohingya, dan berbagai negara lainnya yang membutuhkan uluran tangan para pekerja kemanusiaan dan kedermawanan berbagai pihak.

Saat ini Lisdayanti berkarya di sebuah lembaga kemanusiaan bernama Aksi Cepat Tanggap (ACT). Namanya sering hadir di tengah-tengah komunitas, organisasi, dan ormas anak muda di berbagai kabupaten/kota di Aceh. Bagaimana tidak, dalam perjuangannya menggerakkan kepedulian, tentu ia tidak bisa sendiri. Diperlukan kolaborasi dengan banyak pihak. Salah satu mitra yang ia pilih dalam kiprah kemanusiaannya adalah para milenial (generasi yang lahir di antara tahun 1980 dan 2000-an). Tidak hanya anak muda yang tinggal di perkotaan, Lisdayanti juga ikut mengajak pemuda-pemudi gampong.

“Dalam urusan kemanusiaan kita perlu mengajak banyak pihak untuk terlibat. Kita harus perkuat kolaborasi dengan mereka setidaknya untuk mengentaskan permasalahan kemanusiaan di sekitar mereka. Lebih bagus lagi jika mereka juga mampu untuk membantu ke luar, minimal tingkat kecamatan atau kabupaten mereka sendiri,” ujarnya.

Bagi Lisda, anak muda adalah kekuatan. Mereka adalah generasi penerus. Dari anak mudalah banyak lahir ide-ide cemerlang dan kekinian. “Sekarang banyak anak muda yang kreatif, mereka punya bakat di berbagai bidang. Nah, kita ajak semua anak-anak muda kreatif ini untuk memanfaatkan bakat dan minatnya untuk membantu sesama,” kata Lisda.

Menurut Lisda, kerelawanan itu adalah seni. Sebuah pekerjaan yang berkelas. Di mana kita tidak lagi berbicara tentang diri sendiri. Urusan kita sudah selesai pada tingkat hanya mengurus diri sendiri. Tapi naik lebih tinggi dari itu. Sudah saatnya isi pembicaraan kita adalah hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain. Sudah saatnya apa yang kita lakukan tidak lagi urusan yang percuma. Tapi hal-hal yang positif dan humanis.

Banyak anak muda yang salah dalam mengekspresikan dirinya. Bukan ke hal yang positif, tapi malah ke hal-hal negatif yang merugikan diri sendiri, bahkan merugikan orang lain. Banyak anak muda yang kehilangan arah. Padahal, di samping itu banyak permasalahan kemanusiaan yang terbengkalai. Banyak permasalahan kemanusiaan yang menunggu insan-insan peduli hadir di tengah-tengah mereka.

Saat ini sudah banyak komunitas, organisasi, dan ormas di berbagai daerah bergabung dalam gerakan kemanusiaan yang dilakukan Lisdayanti dan timnya di ACT. Baik yang sifatnya untuk lokal Aceh, merespons bencana nasional, maupun permasalahan kemanusiaan dunia. Banyak kegiatan positif terlaksana, melibatkan berbagai kalangan anak muda dengan bermacam latar belakang.

Uniknya, setiap anak muda yang bergabung dalam gerakan kemanusiaan ini bebas mengemasnya dengan kreativitas masing-masing. Misalnya konten kreator, blogger, selebgram, youtuber, dan lain-lain. Mereka membuat gerakan dengan menciptakan konten-konten yang humanis dan mengangkat isu kemanusiaan.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved