Haba Senator

Komite I dan Kemendagri Komit Perkuat Lembaga Wali Nanggroe

Komite I DPD RI dan Kemendagri serta Menkopolhukam komit untuk memperkuat Lembaga Wali Nanggroe baik dari sisi finansial maupun kewenangannya.

Komite I dan Kemendagri Komit Perkuat Lembaga Wali Nanggroe
SERAMBINEWS.COM/Handover
Anggota DPD RI asal Aceh Fachrul Razi minta persoalan bendera dan lambang Aceh bisa selesai dalam kepemimpinan Mendagri Tito Karnavian. Fachrul Razi menyampaikan itu dalam Rapat Komite I DPD RI bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, di Gedung DPD RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019). 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Senator Fachrul Razi yang juga Pimpinan Komite I DPD RI memastikan bahwa komite I DPD RI bekerjasama dengan Kemendagri serta Menkopolhukam untuk memperkuat keberadaan Lembaga Wali Nanggroe baik dari sisi finansial maupun kewenangan yang dimiliki sesuai dengan UUPA dan MoU Helsinki. 

Hal itu disampaikan senator Fachrul Razi, Jumat (20/12/2019).

Dalam rapat Komite I  dengan Kemendagri sebelumnya, kata Fachrul Razi, juga dibahas perpanjangan dana Otsus Aceh menjadi selamanya dan penguatan Lembaga Wali Nanggroe. 

“Artinya Lembaga Wali Nanggroe telah memiliki legitimasi yang kuat dari DPD RI khususnya komite I dan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendagri," ujarnya.

Fachrul razi mengatakan dirinya yang juga pimpinan Komite I sedang mengevaluasi keberadaan Wali Nanggroe agar memiliki peran yang lebih strategis dan taktis dalam memperkuat pembangunan dan perdamaian di Aceh. 

Menurut Fachrul Razi, Pemerintah Pusat mendukung dan akan memperkuat keberadaan Lembaga Wali Nanggroe.

"Kalau ada pihak-pihak yang ingin membubarkan Wali Nanggroe saya pikir itu oknum kecewa dan pribadi-pribadi yang tidak kesampaian kepentingannya,” tegasnya. 

Menurutnya jika ada oknum yang ingin membubarkan dan menghapuskan Lembaga Wali Nanggroe berarti pihak itu ingin menghilangkan pasal MoU Helsinki yang ada didalam butir perjanjian, yang artinya ingin merusak perdamaian.(*)

Pelempar Bus Kurnia Berdamai, Orangtua Pelaku Akan Ganti Kaca yang Pecah

Survei Membuktikan, Wanita Lebih Suka Pria Agak Buncit Dibandingkan Pria Berotot, Ini Alasannya

Harjono Ditunjuk Jadi Dewan Pengawas KPK, Siapa Dia?

IAI Almuslim Peringati Hari Bahasa Arab Dunia, Ini Kegiatannya

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved