Aceh Salurkan Dana Kemanusiaan Untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Dana kemanusiaan untuk korban tsunami Selat Sunda yang bersumber dari masyarakat dan Pemerintah Aceh

Aceh Salurkan Dana Kemanusiaan Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
DOK F-PRB ACEH
Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin didampingi Bendahara Forum PRB Aceh Rahmat Thalib, Ketua Dewan Pakar Forum PRB Aceh Taqwaddin, dan Sekretaris BPBD Provinsi Banten Nuryanto menyerahkan bantuan (donasi) Aceh untuk korban tsunami Selat Sunda diterima Asisten I Bidang Pemkesra, Rahmadani di Pendopo Bupati Pandeglang, Kamis (19/12/2019). 

PANDEGLANG  - Dana kemanusiaan untuk korban tsunami Selat Sunda yang bersumber dari masyarakat dan Pemerintah Aceh disalurkan melalui Pemkab Pandeglang, Provinsi Banten, Kamis (19/12). Dana kemanusiaan sebesar Rp 296.526.532 tersebut diserahkan oleh Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh, Nasir Nurdin kepada Bupati Pandeglang, Hj Irna Narulita SE MM diwakili Asisten I Bidang Pemkesra, Rahmadani didampingi Sekretaris BPBD Provinsi Banten Ir H Nuryanto MM beserta sejumlah pejabat lainnya di Pendopo Bupati Pandeglang.

Untuk kepentingan penyerahan dana kemanusiaan tersebut, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Ir Sunawardi MSi menugaskan tiga orang dari Forum PRB Aceh yaitu Dr Taqwaddin SH SE MS selaku ketua dewan pakar dan Nasir Nurdin selaku ketua serta Rahmat Thalib ST MSi bendahara organisasi tersebut.

Prosesi penyerahan dana kemanusiaan untuk korban tsunami Selat Sunda ditandai penandatanganan berita acara serah terima dan kuitansi transfer dana dari rekening Forum PRB Aceh ke rekening Kas Umum Daerah Kabupaten Pandeglang (Bank BRI) Nomor Rekening 0062.01.002235.30.2.

Seperti diketahui, menjelang akhir 2018, tepatnya pada 22 Desember 2018, tsunami yang disebabkan letusan Anak Krakatau di Selat Sunda menghantam pesisir Banten dan Lampung.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah kembali menyerukan penggalangan dana kemanusiaan untuk korban tsunami Selat Sunda--setelah aksi serupa untuk korban gempa Lombok dan Palu.

Dikoordinir BPBA dan Dinsos Aceh dengan melibatkan Forum PRB Aceh, dilakukan penggalangan donasi untuk korban tsunami Selat Sunda. “Penggalangan Donasi Aceh untuk Korban Gempa dan Tsunami Selat Sunda berhasil menghimpun dana Rp 296.526.532,” kata Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin.

Pada awalnya, kata Nasir pihaknya juga berharap dana yang dihimpun untuk Selat Sunda bisa maksimal agar bisa membangun rumah ibadah atau fasilitas publik lainnya, seperti halnya di Lombok dan Palu. “Namun setelah sekian bulan dilakukan penggalangan, dana yang berhasil dihimpun tidak mencapai Rp 300 juta,” kata Nasir.

Menurut Nasir, setelah berkoordinasi mengenai peruntukan dana tersebut--termasuk koordinasi dengan Pemda Banten--akhirnya disepakati dana Rp 296.526.532 diserahkan pengelolaannya kepada Pemkab Pandeglang untuk kepentingan korban bencana. “Alhamdulillah, setelah melakukan serangkaian koordinasi, termasuk dengan Gubernur Banten--akhirnya dana tersebut diserahkan pengelolaannya melalui Bupati Pandeglang dan direalisasikan pada 19 Desember 2019,” demikian Ketua Forum PRB Aceh.

Bupati Pandeglang, Hj Irna Narulita SE MM yang tidak bisa hadir langsung pada penyerahan donasi Aceh untuk korban tsunami Selat Sunda--karena pada Kamis (19/12) harus mengikuti pertemuan sejumlah kepala daerah dengan KPK di Jakarta--secara khusus menelepon tim Aceh menyampaikan terima kasih atas kepedulian masyarakat di Serambi Mekah untuk korban bencana di daerahnya.

“Terima kasih saudara-saudara kami dari Aceh atas kepeduliannya. Salam juga untuk Pak Gubernur dan jajaran pemerintahan di sana, insya Allah kami akan meneruskan amanah ini untuk kepentingan korban tsunami,” kata Bupati Pandeglang melalui saluran telepon sambil menyebutkan dirinya berharap bisa secepatnya berkunjung ke Aceh.(nas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved