Breaking News:

Wisata

Hutan Mangrove Langsa Akan Diajukan Masuk Program Strategis Wisata Nasional

Tahun 2020 hutan mangrove di Kuala Langsa akan diajukan masuk program strategis Wisata Nasional Pemerintah Pusat.

Foto Kiriman Fathur
Wakil Wali Kota bersama lainnya saat melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan Kuala Langsa, Minggu (22/12/2019). 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, menyampaikan, tahun 2020 hutan mangrove di Kuala Langsa akan diajukan masuk program strategis Wisata Nasional Pemerintah Pusat. 

Hal itu disampaikan Marzuki Hamid, pada acarabGerakan Menanam Bersama (GeNaB) dan lintas komunitas Kota Langsa, Minggu (22/12/2019) pagi tadi.

Saat itu dilakukan penanaman sebanyak 15.000 bibit manggrove pada acara Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2019 di kawasan pesisir lapangan perintis Gampong Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat.

Wakil Wali Kota berharap, mudah-mudahan program strategis wisata Nasional yang akan diajukan oleh Pemko Langsa kepada Kementrian terkait ini.

Bisa masuk dalam program strategis pariwisata nasional bidang wisata manggrove. Sehingga manggrove Kuala Langsa akan menjadi perhatian khusus pemerintah pusat. 

Marzuki Hamid menambahkan, manfaat hutan manggrove salah satunya dapat mengatasi abrasi bahkan bisa membantu menahan ombak besar seperti tsunami.

Karena, berbagai jenis poglhon terutama manggrove tumbuh atau berdiri seperti benteng melindungi pemukiman warga yang ada di sisi pantai. 

"Apabila terjadi tsunami dan ombak besar, kawasan pesisr daerah kita ini kita sudah ada pelindung karena adanya hutan mangrove tersebut," jelasnya.

Seperti ketika tsunami melanda Aceh akhielr tahun 2004 silam, kawasan perairan Langsa tidak terkenak dampak tsunami ini.

Halaman
12
Penulis: Zubir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved