Breaking News:

Aceh Hebat

Plt Tinjau Block NSB Aceh Utara

"Kita akan bekerja sebaik mungkin, semata-mata demi menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat,”.

For Serambinews.com
Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah foto bersama General Manager PT Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB, Akhmad Miftah, Minggu (22/12 /2019). 

ACEH UTARA – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT, mengajak semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan Block North Sumatera B (NSB), agar bekerja sebaik mungkin, untuk mensejahterakan masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Nova Iriansyah, usai mendengarkan pemaparan dari Akhmad Miftah, General Manager PT Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB, selaku operator pengelolaan Blok NSB, di aula PT PHE, Nibong, Kecamatan Tanah Luas, Minggu (22/12/2019). 

“Mari kita bersepakat terlebih dahulu, siapapun atau pihak manapun yang mengelola Block NSB ini, bahwa kita akan melakukan yang terbaik. Kita akan bekerja sebaik mungkin, semata-mata demi menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat,” imbau Plt Gubernur. 

Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, sedang mendengarkan penjelasan dari GM PT PHE NSB Akhmad Miftah di Aula PT PHE, Nibong, Aceh Utara, Minggu 22/12 /2019.
Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, sedang mendengarkan penjelasan dari GM PT PHE NSB Akhmad Miftah di Aula PT PHE, Nibong, Aceh Utara, Minggu 22/12 /2019. (For Serambinews.com)

Nova menegaskan, apapun skema pengelolaan di masa mendatang, Block NSB tetap dalam kendali Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh, selaku pihak yang telah mendapat amanah untuk menjalankan pemerintahan yang mengayomi seluruh rakyat.  “Selamat bekerja dan selamat bekerjasama. Komitmen kita semua tentu sama, menjalankan amanah dan untuk mempersembahkan yang terbaik bagi rakyat dan bangsa ini,” imbuh Nova. 

Sementara itu, kepada awak media Plt Gubernur menjelaskan, setahun ke depan adalah masa transisi pengelolaan Block NSB dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Aceh.  “Berdasarkan kesepakatan antara pemerintah Aceh denan Kementerian Energi Sumberdaya Mineral, setahun ke depan adalah masa transisi pengelolaan Block NSB. Oleh karena itu, kita menggelar pertemuan ini untuk melihat kondisi terakhir dan mendengarkan pemaparan dari pihak PHE selaku pihak yang selama ini menjadi operator di Block NSB,” kata Plt Gubernur. 

PHE NSO Bantu Boat dan Alat Tangkap Ikan kepada Nelayan Aceh Timur

Saat ini, sambung Nova, tim dari Pemerintah Pusat dan tim dari Pemerintah Aceh sedang membicarakan terkait mekanisme pegelolaan dan teknis operasional selama masa transisi berjalan hingga 17 November tahun 2020.

  “Tadi kita sudah mendapatkan penjelasan dari Bapak Akhmad Miftah, selaku General Manager PT PHE NSB. Sesaat lagi kita akan melihat secara langsung, bagaimana kondisi terkini Block B.

Para pihak terkait juga turut bersama saya hari ini, ada Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas ESDM, Dirut PT Pema dan tim yang turut dalam proses transisi juga hadir. Sel ain mendapatkan penjelasaan, kunjungan ini maka kita mengetahui kondisi lapangan secara langsung,” imbuh Nova. 

Dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat dalam pengelolaan Block NSB ini, sejak mulai di eksplorasi tahun 1967 hingga saat ini.  Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2015 PT PHE telah mengambil alih pengelolaan Block NSB ini dari PT Exxon Mobil.

Dalam penjelasannya, Akhmad Miftah, perusahaan yang dipimpinnya itu, tidak pernah alpa menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan.  “Dana CSR PT PHE kita salurkan untuk usaha masyarakat, diantaranya usaha kakao, bengkel, pembuatan kontainer sampah, posyandu, peralatan nelayan, pembuatan rumpon, pembangunan masjid, jalan, fasilitas olahraga lainnya,” ujar Miftah. (*)   

Editor: Hari Teguh Patria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved