Breaking News:

HKSN Aceh Dipusatkan di Tangse  

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Aceh dipusatkan di Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Pidie

Editor: hasyim
SERAMBI/IDRIS ISMAIL
Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT (kiri) didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri MM dan Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud ST menyerahkan bantuan pasa puncak peringatan HKSN tingkat Provinsi Aceh di Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Pisdie, Rabu (25/12/2019). SERAMBI/IDRIS ISMAIL 

SIGLI - Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Aceh dipusatkan di Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Pidie. Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT membuka secara resmi kegiatan itu, Rabu (25/12)pagi. Plt Gubernur Aceh juga mengharapkan tower jaringan telepon selular bagi daerah terpencil tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini para SKP Aceh, anggota DPRA, SKPK Pidie serta ribuan undangan dari berbagai kalangan masyarakat. Rangkaian kegiatan Bakti Sosial pada puncak peringatan HKSN Aceh yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Aceh mewarnai kegiatan selama tiga hari.

Kegiatan seperti perekaman Adiminitrasi Kependudukan (Adminduk) berupa  e- KTP, pembersihan halaman Masjid Baitul Taqwa, pembersihan sampah di sungai , pengobatan massal, peletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan, serta penyerahan bantuan rumah duafa, dan  penyerahan piagam penghargaan kepada TKSK, PSM dan  PKH berprestasi.

Dilaporkan, bantuan dari pemerintahan Aceh dan Pemkab Pidie berupa 250 szak semen untuk pembangunan Masjid Baitul Taqwa Blang Pandak, Bank Aceh Syariah Aceh, PT Mifa Bersaudara,  PTPN dan PT Pegadaian.

Nova Iriansyah juga menyempatkan diri meninjau secara langsung perekaman e-KTP, peletakan batu pertama dua unit rumah duafa, serta penganugerahan piagam bagi pilar sosial. "Dengan kekompakan ini, seluruh persoalan sosial dengam mudah dapat disahuti, termasuk dengan persoalan keterbatas jaringan sinyal HP di Blang Pandak Tangse  yang harus disahuti segera," harapnya.

Dia mengharapkan tim penggerak PKK Aceh harus berupaya meningkatkan program kesehatan keluarga sejahtera di daerah pedalaman Pidie, sehingga dapat terwujudkan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap kesehatan.

Perlu koordinasi Dinkes Aceh dengan TP PKK dengan membangun gizi masyarakat yang sempurna, ujarnya. "Tanpa kesehatan jiwa dan badan sehat, maka sulit memnbangun SDM, apalagi modal genetik yang baik ada pada masyarakat kita,"ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Aceh, Drs AlHudri MM mengatakan HKSN ini sebagai bentuk implementasi sikap sosial antara warga dengan saling peduli dan berbagi. "Kesetiakawanam sosial ini secara langsung memberikan dampak besar terhadap perubahan harkat, martabat dan harga diri setiap warga," jelasnya..

Sementara, Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud ST secara terpisah mengatakan, sebagaimana Gampong Blang Pandak di Pidie sangat terpencil, maka dengan agenda HKSN Aceh ini sangat menunjang bagi pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesehatan.

Kemudian, edukasi interaksi sosial dan asas manfaat bagi warga yang terbungkus dalam kesetiakawanan sosial. "Maka, dengan HKSN di Pidie ini harus menunjang meminimalisir angka indek  kematian ibu melahirkan dan anak," jelasnya.(c43)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved