Breaking News:

15 Tahun Tsunami Aceh

Generasi Muda Pidie Diedukasi Lewat 50 Foto Bencana Tsunami

Pameran foto ini diharapkan menggugah masyarakat untuk selalu mengenang bencana alam yang terjadi 15 tahun lalu itu.

Dok KPDE Pidie.
Warga menyaksikan berbagai jenis pajangan foto bencana Tsunami 2004 lalu di Museum Kota Sigli, Pidie, Sabtu (28/12/2019). 

Laporan Idris Ismail | Pidie 

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Guna memberikan edukasi penting terhadap generasi muda di Pidie terutama yang lahir pascatsunami, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie selama tiga hari yaitu sejak 26 sampai 28 Desember 2019 memajang 50 foto di gedung Mesium Tsunami Kota Sigli.

Kepala Bagian (Kabag) Telekomunikasi & Pengelolaan Data Elektronik (KPDE) Setdakab Pidie, Drs Maimun MSi  kepada Serambinews.com, Sabtu (28/12/2019)  mengatakan, tingginya animo warga terutama kalangan generasi muda menyebabkan masa pemajangan foto bencana dahsyat tsunami tersebut terpaksa diperpanjang dari rencana satu hari saja Kamis (26/12/2019).

"Antusiasme warga terutama generasi muda yang lahir pascatsunami 2004 lalu menjadi pertimbangan utama hajatan pemajangan foto ini diperpanjang hingga Sabtu (28/12/2019) malam," sebutnya.

Ke-50 lembar foto yang dipajang itu bertemakan tentang ganasnya bencana tsunami yang meluluhlantakkan bumi Aceh hingga memakan korban 250.000  lebih nyawa melayang serta infrastruktur utama masyarakat akibat dasyatnya bencana tersebut.

Selain itu pameran foto ini juga menampilkan berbagai upaya dari pihak dalam negeri dan luar negeri dalam melakukan evakuasi korban hingga masa Rehabilitasi dan Rekontruksi segala infrastruktur yang hancur.

Lewat pajangan foto ini memberi edukasi penting bagi generasi muda yang tidak mengetahui secara riil bencana Maha dasyat Tsunami yang terjadi pada 15 tahun lalu khususnya di Bumi Serambi Mekkah ini.

"Yang terpenting edukasi  dibalik peristiwa untuk menjadi renungan bagi kita semua agar selalu mengingat Allah SWT serta lebih konsiten melakukan amar makruf dan nahi mungkar  agar senatiasa dijauhkan dari bala bencana dibumi ini,"jelasnya.

Selain itu juga dengan pajangan berbagai ragam foto ini bisa menggugah jiwa masyarakat untuk selalu memberikan motivasi besar dalam mengenang bencana kemanusian ini.(*)

VIDEO - Toyota Agya Tabrak Pengaman Jalan di Aceh Barat, Sopir Meninggal Dunia

Sumpah Zlatan Ibrahimovic Saat Pulang ke AC Milan Usai Pisah 7 Tahun

Detik-detik Kartu Merah Ederson Moraes, Awal Kehancuran Man City

Penulis: Idris Ismail
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved