Breaking News:

Suara Parlemen

TA Khalid Perjuangkan Pembangunan Pabrik Es Batangan di Seneubok Cantek Aceh Tamiang

Nelayan di Seuneubok Cantek sulit mendapatkan es batangan, sehingga ikan hasil tangkapan mereka cepat membusuk.

Hand-over dokumen pribadi
Anggota Komisi IV DPR-RI, Ir TA Khalid MM, bersama nelayan, anggota DPRA, DPRK Aceh Tamiang, serta pejabat Aceh Tamiang saat melakukan reses ke Desa Seneubok Cantek. 

Laporan Zubir | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Anggota Komisi IV DPR-RI, Ir TA Khalid MM, berjanji akan memperjuangkan pembangunan pabrik es mini di daerah pesisir, Gampong Seuneubok Cantek, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang.

Hal itu disampaikannya, menanggapi keluhan nelayan saat ia melakukan reses dalam rangka menyerapi aspirasi petani dan nelayan ke Gampong Seunubok Cantek, pada Jumat (28/12/2019) sore. 

Kunjungan ini turut dihadiri oleh anggota DPR Aceh Ir Jauhari Amin SH MH, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto Sugiono, Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Tamiang, dan para Panglima Laot, Datok, serta petani dan nelayan setempat. 

Sebelumnya, Kepala dinas Kelautan perikanan Kabupaten Aceh Tamiang, Safuan, kepada TA Khalid menyampaikan, bahwa permasalahan para nelayan setempat sulit mendapatkan es batangan.

"Puluhan nelayan daerah itu selama ini mengalami kesulitan dalam mendapatkan es batang, sehingga ikan hasil tangkapan laut mereka cepat membusuk," ujar Safuan saat itu.

Selain itu, tambah Kadis Perikanan, nelayan juga mengeluhkan pendangkalan alur sungai di daerah tersebut, sehingga boat nelayan tidak lancar baik saat pulang dan pergi melaut.

Nelayan terpaksa menunggu air pasang agar bisa melalui alur sungai Gampong Seneubok Cantek ini, atau mereka pergi melaut tergantung dengan kondisi pasang air laut.

Menyikapi persoalan nelayan daerah pesisir Aceh Tamiang ini, Ir TA Khalid menyebut bahwa permintaan Kadis KKP Aceh Tamiang untuk tersedianya pabrik es batang mini di Gampong Seuneubok Cantek, akan diperjuangkan di senayan. 

Namun demikian, Ketua Partai Gerindra Aceh ini meminta pihak dinas terkait melengkapi persyaratan dibutuhkan untuk proses usulan ke Kementrian Kelautan RI nantinya.

"Usulan pembangunan pabrik es batangan itu tergantung kelengkapan persyaratan usulan dari Dinas KKP di Kabupaten Aceh Tamiang, harus sesuai prosedur di Kementerian Perikanan," imbuhnya.(*)

Inilah Sosok Pemain Terpenting untuk FC Barcelona, Bukan Lionel Messi

Pedro akan Lakukan Apa Saja untuk Bisa Kembali ke Barcelona

Shin Tae-yong Beberkan Jurus Jitu untuk Kembangkan Timnas Indonesia

Pemkab Upayakan Istana Karang Menjadi Simbol Kebudayaan Tamiang

Penulis: Zubir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved