Serambi Kids

Azzam, Putra Aceh yang Berprestasi di Jepang  

Assalamualaikum Sahabat Serambi Kids. Senang bertemu kembali, teman-teman. Edisi Minggu ini kita berkenalan

Azzam, Putra Aceh yang Berprestasi di Jepang   
IST
SD IT Nurul Fikri, Banda Aceh

Assalamualaikum Sahabat Serambi Kids. Senang bertemu kembali, teman-teman. Edisi Minggu ini kita berkenalan dengan seorang teman dari SD IT Nurul Fikri, Banda Aceh. Murid yang kini duduk di bangku kelas 6 ini, berbagi cerita tentang pengalamannya saat bersekolah di Jepang. Tak tanggung-tanggung, di 'Negeri Sakura' itu dirinya menorehkan prestasi yang membanggakan, lho. Wah! Seperti apa ya?

"Waktu kelas 1 pernah jadi salah satu penulis kanji (huruf Jepang) terbaik di sekolah. Terus dipamerkan di Museum Kyoto," ujar Azzam mengawali cerita.

Hal ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakan, karena sedikit sekali anak di luar Jepang seusianya yang menguasai tulisan kanji. Selain itu, Jepang dikenal dengan disiplin waktu yang tinggi. Serta kegemaran warganya dalam membaca.

Pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah ini, ternyata membawa dampak positif bagi anak pertama dari tiga bersaudara tersebut. Sebagai satu-satunya muslim di sekolahnya, Azzam dikenal taat beribadah karena shalat tepat waktu. Di rumah, oleh ibunya ia juga diajarkan membaca iqraq. Hingga selama tiga tahun bermukim di Jepang (2013-2016), ia telah hafal dua juz.

"Terus Jepang kan terkenal sama budaya  membaca. Pernah jadi yang terbaik di sekolah 1 tahun baca 100 buku. Terus diminta menceritakan kembali isi buku dalam bahasa Jepang dan dari situ terima sertifikat," beber Azzam.

Kini, semenjak pindah ke Indonesia, tepatnya kembali ke Aceh kebiasaan itu tetap terbawa. Di sekolahnya, anak pasangan Bapak Agus Nugroho dan Ibu Siti Fatimah itu, dikenal sebagai 'kutu buku'. Dalam hal disiplin waktu ditunjukkannya dengan shalat berjamaah dan setoran hafalan Alquran. Wah! Semoga terinspirasi ya, adik-adik. (rul)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved