Academy Asia 2019

Faul Raih Juara Dangdut Academy Asia 2019, Bawa Pulang Hadiah Uang Rp 250 Juta

Kemenangan Faul diumumkan Minggu (29/12/2019) malam bertepatan dengan pertunjukan putaran terakhir ajang dangdut yang digelar televisi Indosiar.

Faul Raih Juara Dangdut Academy Asia 2019, Bawa Pulang Hadiah Uang Rp 250 Juta
Hand-over kiriman warga.
Faul dengan latar panggung motif kerawang Gayo di pertunjukan kemenangan Indosiar, Minggu (29/12/2019) malam. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Penyanyi kelahiran Bener Pepanyi, Bener Meriah, Provinsi Aceh, Fauzul Abadi atau Faul, dengan nilai sempurna berhasil menjuarai  Dangdut Academy Asia 5 2019. Faul langsung sujud syukur.

Kemenangan Faul diumumkan Minggu (29/12/2019) malam bertepatan dengan pertunjukan putaran terakhir ajang dangdut yang digelar televisi Indosiar. Faul meraih angka 2723.

Dua pesaing utamaya, Randa dari Indonesia meraih nilai 2698, dan peserta dari Filipina Hannah Prescillas dengan nilai 2692. Dewan juri berasal dari enam negara Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Timor Leste dan Philipina. 

Atas prestasi itu, Faul berusia 24 tahun, memperoleh hadiah uang Rp 250 juta juga sebuah piala.

Awalnya Indosiar menyediakan Rp 200 juta untuk juara.  "Tapi, tadi setelah melhat penampilan sang juara di konser kemenangan ini, kami bersepakat untuk menambah hadiah uang. Bonus Rp 50 juta, jadi Rp 250 juta untuk Faul," papar Imam Sudjarwo, Direktur Utama Indosiar di atas panggung.

Malam itu,  Faul tampil dua kali. Pertama ia membawakan lagu "Gulali" ciptaan H Rhoma Irama.

Seperti penampilan-penampilan sebelumnya, Faul selalu menyelipkan nuansa etnik dalam pertunjukannya itu, dengan dua lagu lokal Gayo dan dua tari Gayo dan tari Aceh. 

Berkat Faul, sejumlah lagu-lagu etnik Gayo jadi terangkat ke permukaan, begitu juga dengan motif-motif kerawang Gayo dalam busana.

"Gayo menjadi begitu dikenal di dunia hiburan, mulai dari lagu sampai kepada motif pakaian yang kita kenal dengan kerawang Gayo. Ini ajang promosi yang hebat dan dahsyat," kata Sadri Aman Aca yang bersama-sama dengan komunitas Gayo, aktif membuat dukungan kepada Faul di studio 5 Indosiar. 

Halaman
123
Penulis: Fikar W Eda
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved