Opini

Karakter Kepemimpinan di Era Membangun Kebersamaan  

Di antara kebahagiaan-kebahagiaan yang saya dapatkan dari perjalanan sebagai Rektor adalah menghadirkan Plt Gubernur Aceh

Karakter Kepemimpinan di Era Membangun Kebersamaan   
IST
Herman Fithra

Herman Fithra

Dr. Herman Fithra, MT, ASEAN.Eng

Rektor Universitas Malikussaleh

Di antara kebahagiaan-kebahagiaan yang saya dapatkan dari perjalanan sebagai Rektor adalah menghadirkan Plt Gubernur Aceh, Bapak Ir. Nova Iriansyah, MT pada acara workshop visi dan misi Universitas Malikussaleh 2020-2024 sekaligus meresmikan Migas Center Unimal (MCU), dan penyerahan MoU antara Pemerintah Aceh dan 15 Perguruan Tinggi se-Aceh pada Senin, 23 Desember 2019.

Sebenarnya telah lama Plt. Gubernur Aceh hendak hadir di kampus harapan rakyat Aceh ini. Beberapa kali kunjungan yang telah direncanakan harus tertunda karena ada kegiatan protokoler yang lebih mendesak yang harus direspons. Ketika akhirnya ada momentum peresmian MCU, ia langsung menyanggupinya.

MCU ini diharapkan menjadi pusat informasi, edukasi, sosialisasi, advokasi, layanan, pelatihan, dan riset yang berhubungan dengan potensi minyak dan gas, di wilayah Aceh dan kawasan regional. Pendirian MCU di kampus Unimal sangat dekat dengan sejarah migas di Lhokseumawe-Aceh Utara yang sempat digelari kota petrodollar.

                                                                                                                               Pemimpin spontan

Perkenalan saya dengan Nova Iriansyah telah berlangsung lama. Sebagai sarjana teknik dan bergerak di dunia konsultan, kami pernah bersinergi dalam beberapa pertemuan. Namun keintiman itu malah terjadi ketika ia telah menjadi pemimpin publik dengan rintisan karir sebagai politikus Partai Demokrat, wakil gubernur, hingga kini menjadi Plt. Gubernur Aceh.

Sebenarnya bukan kali ini saja beliau menjejakkan kaki ke Unimal. Ketika saya menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik, Nova telah hadir pada acara International Conference on Multidisciplinary Engineering (IcoMdEN), 23-24 Desember 2018 sebagai narasumber.

Bahkan pada acara workshop yang ia menjadi salah satu narasumber, dengan lugas Nova membicarakan tentang strategi bagi Unimal agar bisa terbang lebih tinggi sebagai salah satu kampus favorit, bukan hanya di Aceh tapi juga pada tingkat nasional. Tanpa harus menata kalimat menjadi rapi, ia juga berbicara tentang tantangan dalam membangun Aceh di situasi transisi seperti saat ini. Ia juga tak menutup mata pada kritik, dan menjadi pemimpin di Aceh harus siap dengan kritikan yang pedas, tanpa harus cepat marah-marah.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved