Registrasi Akun LTMPT Diperpanjang

Masa registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang semulanya ditutup pada Selasa (7/1), diperpanjang dua hari

Registrasi Akun LTMPT Diperpanjang
For serambinews.com
Rektor Unsyiah, Samsul Rizal 

* Hingga Besok Sore

BANDA ACEH - Masa registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang semulanya ditutup pada Selasa (7/1), diperpanjang dua hari atau hingga Kamis (9/1) pukul 17.00 WIB. Informasi tersebut disampaikan Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, setelah menerima surat edaran dari Tim Pelaksana LTMPT di Jakarta, sore kemarin.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, pada Selasa, 7 Januari 2020, dijelaskan, perpanjangan itu dilakukan karena masih banyak siswa dan  sekolah yang belum melakukan finalisasi atau mempermanenkan data akun pendaftaran LTMPT. Selain itu, juga untuk memberi kesempatan luas kepada siswa dan sekolah agar dapat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.

Menurut Rektor, diperpanjangnya masa registrasi akun LTMPT memberi peluang kepada semua sekolah dan siswa untuk melengkapi proses pendaftaran hingga akhir. Terlebih lagi, sebut Prof Samsul, berdasarkan data LTMPT Pusat pada 6 Januari 2020, di Aceh baru 38 persen sekolah yang sudah mempermanenkan datanya. "Jumlah tersebut masih jauh dari batas maksimal," ujarnya.

Menurut Rektor, masih banyak sekolah dan siswa di Aceh yang belum mendaftar akun LTMPT maupun menyelesaikan secara permanen data-datanya. "Kami berharap siswa dan sekolah memanfaatkan masa perpanjangan ini sebaik mungkin. Terlebih lagi, waktunya hanya dua hari," ujar Prof Samsul seperti disampaikan kembali Kepala Humas Unsyiah, Chairil Munawir MT SE MM, dalam siaran pers kepada Serambi, Selasa (7/1/2020).

Jika hingga batas waktu akhir siswa atau sekolah belum atau tidak melakukan registrasi akun LTMPT, tambah Rektor, maka siswa tersebut tidak dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini. Tapi, sebutnya, siswa masih punya kesempatan untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Untuk SBMPTN, kata Prof Samsul, siswa harus melakukan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan registrasi akun LTMPT tahap kedua yang akan dilayani pada 7 Februari-5 April mendatang. "Walaupun ada tahap kedua, kami mengimbau siswa dan sekolah tetap memanfaatkan peluang pertama ini untuk masuk perguruan tinggi negeri," harap Rektor Unsyiah.

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, juga menegaskan, akun LTMPT merupakan keharusan yang wajib dimiliki setiap calon peserta yang akan mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2020. Pendaftaran ini, menurutnya, juga bagian dari kebijakan Single Sign On (SSO) yang diterapkan pemerintah di tahun ini. Pendaftaran ini dapat dilakukan oleh sekolah dan calon peserta melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Selain itu, sekolah dan siswa juga diminta untuk cermat dan teliti saat melakukan pendaftaran akun LTMPT. "Langkah ini penting untuk menghindari kekeliruan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi siswa maupun sekolah," ungkap Prof Samsul seperti disampaikan kembali Kepala Humas Unsyiah, Chairil Munawir MT SE MM, dalam siaran pers kepada Serambi, Selasa (7/1).

Ia mengimbau siswa dan sekolah untuk selalu memantau dan mengikuti informasi SNMPTN, UTBK, dan SBMPT melalui laman resmi LTMPT https://ltmpt.ac.id. Bagi yang memiliki kendala, untuk dapat menghubungi helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id atau Humas Unsyiah  0811 6752 000. (jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved