Jurnalisme Warga

Ingin Mengaji? Datanglah ke Banda Aceh

PERKEMBANGAN Islam di Aceh merupakan salah satu hal yang menarik untuk ditelaah, mengingat Aceh sebagai role model (teladan)

Ingin Mengaji? Datanglah ke Banda Aceh
IST
IDA FITRI HANDAYANI, Guru SMA 4 Banda Aceh dan Anggota Warung Penulis, melaporkan dari Banda Aceh

OLEH IDA FITRI HANDAYANI, Guru SMA 4 Banda Aceh dan Anggota Warung Penulis, melaporkan dari Banda Aceh

PERKEMBANGAN Islam di Aceh merupakan salah satu hal yang menarik untuk ditelaah, mengingat Aceh sebagai role model  (teladan) dalam pengembangan syariat Islam, sehingga apa pun yang terjadi di Aceh berkaitan dengan keagamaan merupakan hal yang menarik perhatian publik.

Salah satunya terkait dengan keberagaman pada abad ke-15 M Aceh pernah mendapat gelar yang sangat terhormat, yaitu Serambi Mekkah gelar yang sangat kental akan keislaman. Jadi, sangat wajar jika Aceh daerah yang mayoritas berpenduduk Islam.

Ada beberapa alasan mengapa Aceh mendapat julukan "Serambi Mekah", salah satunya Aceh merupakan wilayah pertama di Indonesia yang menerima ajaran Islam. Lokasi tepatnya dimulai di kawasan Peulanggahan, Peureulak, dan Pasai.

Salah seorang tokoh yang membawa ajaran Islam ke Aceh adalah seorang ulama besar asal Hadramut, Yaman, bernama Sayyid Abubakar bin Husaien Bilfaqih. Di Aceh, Sayyid Abubakar mengubah rumah pribadinya menjadi dayah atau pesantren. Beliau dikenal sebagai ulama tasawuf dan diberi gelar Teungku Di Anjong.

Ajaran Islam yang tersebar di Aceh sangat didominasi oleh ajaran Ahlussunnah wal Jamaaah, sehingga 13 Desember 2019 di bawah wewenang Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT mengeluarkan surat edaran larangan mengadakan pengajian selain dari i'tiqad Ahlussunnah wal Jamaah.

Kota Banda Aceh sebagai ibu kota Provinsi Aceh mempunyai salah satu visi menjadi basis terciptanya “Kota Gemilang dalam Bingkai Syariat”. Untuk mewujudkan hal itu, banyak elemen penting yang harus ikut andil, terutama untuk bisa menggalakkan masyarakat agar cinta ilmu agama dan doyan mempelajarinya, baik anak-anak hingga orang tua.

Nah, berikut beberapa alternatif yang bisa menjadi tempat untuk belajar ilmu agama di Banda Aceh sebagai ibu kota Provinsi Aceh.

Raisul Fata

Raisul Fata merupakan komunitas mengaji untuk anak muda. Jika merasa diri masih berjiwa muda, ayo ikut nimbrung dengan komunitas ini. Komunitas ini lahir atas pemikiran anak muda inspiratif. Alasannya, komunitas ini muncul karena terinspirasi dari Ustaz Hanan Attaki. Dulu saat beliau mengisi kajian di Masjid Raya Baiturrahman pernah menyinggung tentang komunitas gerakan pemuda hijrah yang beliau bentuk. Tujuannya adalah untuk merangkul para pemuda agar mencintai ilmu agama. Dengan adanya kajian islami yang diisi oleh beliau sendiri, sejumlah pemuda yang dulunya pernah bermasalah dengan kenakalan akhirnya memutuskan untuk hijrah.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved