Buku "Marechaussee di Gayo Lues 1904," Berisi Kekejaman Belanda Dibahas di PDS HB Jassin

Buku karya DR. Yusra Habib Abdul Gani, SH, MH, berjudul "Marechaussee di Gayo Lues 1904," dibahas dalam bedah buku di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS)..

Buku
SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Sampul buku "Marechaussee di Gayo Lues 1904." 

Buku "Marechaussee di Gayo Lues 1904,"  Berisi Kekejaman Belanda Dibahas di PDS HB Jassin

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Buku karya DR Yusra Habib Abdul Gani SH MH berjudul "Marechaussee di Gayo Lues 1904," dibahas dalam bedah buku di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, Jakarta, Sabtu (11/1/2020) PKL 14:00 WIB.

"Marechaussee di Gayo Lues 1904" diterbitkan Bandar Publishing Banda Aceh, itu berisi kisah pembantaian terhadap orang-orang Gayo oleh Van Daleen dan pasukannya saat melakukan serangan besar-besar ke 10 benteng di Gayo dan Alas. Buku ini dibahas oleh LK Ara.

 Selain buku membincangkan  "Marechaussee di Gayo Lues 1904"  dalam kesempatan yang sama juga dibahas buku karya penyair senior Gayo, LK Ara "Ingin Seperti"  oleh Narudin Pituin dan dirangkaikan dengan pembacaan puisi. 

LK Ara menyatakan, semula bedah buku tersebut dihadiri oleh DR Yusra Habib Abdul Gani yang kini bermukim di Denmark. "Namun beliau berhalangan," kata LK Ara.

Penyerangan dan pembantaian orang Gayo oleh Van Daleen dan pasukan marsosenya adalah tinta hitam dari keberingasan dan kekejaman militer Belanda dalam menjalankan misi penaklukannya di Gayo Alas.

LK Ara bersama-sama dengan penulis dan manyang wartawan penerima Adinegoro, Iwan Gayo kemudian menggelar ekspedisi kekejaman Van Daleen di Tanah Gayo dan Alas dan menjejaki sepuluh benteng pertahana. Gayo dan Alas.(*)

Pelamar CPNS di Nagan Raya Diminta Cetak Kartu Ujian

Rekap Hasil Lengkap Malaysia Masters 2020, Berikut 6 Wakil Indonesia yang Lolos ke Perempat Final

Gugatan Terhadap Tiyong tak Diterima Pengadilan, Irwandi Yusuf Tempuh Jalur Kasasi, Ini Rencananya

DPRK Banda Aceh Pilih 5 Calon Tetap dan 3 Calon Cadangan Anggota Baitul Mal, Ini Nama-namanya

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved