Opini

Ketika Cinta Tak Lagi Bertasbih  

Kasus kematian hakim senior PN Medan, Jamaludin menjadi perhatian serius bagi masyarakat karena otak pembunuhan itu adalah istrinya sendiri

Ketika Cinta Tak Lagi Bertasbih   
IST
Dr. H. Agustin Hanafi, Lc., MA Ketua Prodi Hukum Keluarga Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Anggota IKAT-Aceh

Dr. H. Agustin Hanafi, MA

Ketua Prodi Magister Hukum Keluarga UIN Ar-Raniry, Anggota IKat-Aceh

Kasus kematian hakim senior PN Medan, Jamaludin menjadi perhatian serius bagi masyarakat karena otak pembunuhan itu adalah istrinya sendiri, yakni Zuraida Hanum. Disinyalir motifnya masalah asmara dan cinta segi tiga, bahkan ada yang mengkaitkannya dengan masalah harta. Miris ketika melihat kasus ini karena sejatinya pasangan hidup memberikan kasih sayang dan pelayanan kepada orang yang dicintainya, namun nyatanya tidak demikian, dan ini bukan satu-satunya kasus yang menerpa kehidupan rumah tangga.

Menikah merupakan dambaan dan impian setiap insan karena sudah menjadi fitrah dan naluri setiap makhluk untuk menyatu dengan pasangannya. Alquran menggarisbawahi bahwa ikatan pernikahan merupakan ikatan suci nan kokoh, tidak mudah rapuh dan goyah, diharapkan masing-masing pihak serius menjaga dan memeliharanya. Untuk itu, diawali dengan niat suci dan tulus tak lupa meminta petunjuk kepada Allah atas dasar apa tertarik melamar sang pujaan hati dan kenapa bersedia menerima lamarannya agar tidak keluar dari tujuan pernikahan yang hakiki. Sebab tujuan pernikahan adalah untuk beribadah kepada-Nya, bukan untuk melampiaskan hasrat biologis semata.

Dengan menikah batin seseorang menjadi tenang, maka sesuatu yang wajar setiap orang menginginkan calon pasangan hidupnya yang cantik/tampan, saleh, ramah, sopan, murah senyum, elok dipandang mata, dan sebagainya. Namun perlu diingat kecantikan dapat memudar, namun kecantikan hati bersifat abadi.

Ketika seorang perempuan memutuskan menerima lamaran laki-laki lalu bersedia meninggalkan orang tua, saudara, sanak famili dan keluarga beserta orang terdekat yang membesarkannya, ia "mengganti" semua itu dengan bersedia membuka rahasianya yang paling dalam dan kerelaan hidup bersama lelaki "asing" yang menjadi suaminya. Semua itu merupakan hal yang sungguh mustahil, kecuali jika ia merasa yakin bahwa kebahagiaannya bersama suami akan lebih besar dibanding dengan kebahagiaannya dengan keluarga, dan pembelaan suami terhadapnya tidak lebih sedikit dari pembelaan saudara-saudara sekandungnya.

Keyakinan inilah yang dituangkan istri kepada suaminya, dan itulah yang dinamai Alquran mitsaqan ghalizan (perjanjian agung). Begitu juga dengan suami, rela berjuang mendapatkan sang pujaan hati dengan harapan menemukan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Untuk itu perlu disadari bagi siapapun bahwa pernikahan merupakan amanah, yakni sesuatu yang diserahkan kepada pihak lain disertai dengan rasa aman dari pihak pemberinya karena kepercayaannya bahwa apa yang diamanahkan itu, akan dipelihara dengan baik. Istri adalah amanah di pelukan suami, suami pun amanah di pangkuan istri. Maka tidak mungkin orang tua dan keluarga masing-masing akan merestui perkawinan tanpa adanya rasa percaya dan aman itu. Suami, demikian juga istri tidak akan menjalin hubungan tanpa merasa aman dan percaya kepada pasangannya.

Alquran menggambarkan kedekatan suami-istri bagaikan sebuah pakaian yang saling menutupi. Itu artinya tidak ada yang sempurna, satu sama lain saling melengkapi, membutuhkan, dan saling menyimpan rahasia bersama. Pakaian tebal memberi kehangatan dan perlindungan dari sengatan dingin. Pakaian lembut dan halus akan mengurangi kegerahan. Itulah salah satu fungsi keluarga yaitu melindungi.

Bukan hanya perempuan yang membutuhkan perlindungan, laki-laki juga membutuhkannya. Bukan saja sewaktu dia sakit tetapi juga dalam menghadapi aneka kesulitan dalam pekerjaan dan karirnya. Dalam hal ini dia membutuhkan ketenangan lahir batin, juga dukungan dan kasih sayang yang dapat menjadi perisai kesulitan yang dihadapi. Maka benar kiranya pribahasa, di balik kesuksesan seorang suami, terdapat istri yang selalu mensupport dan mendoakan.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved