Berita Aceh Besar

Kebun Milik Warga Meunasah Baro Lamlhom Lhoknga, Aceh Besar Terbakar, Ini Luas Lahannya

Lahan kebun yang memiliki luas 5.000 meter persegi milik Hanafiah (65) di Meunasah Baro Lamlhom, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (15/1/2020) sore

Kebun Milik Warga Meunasah Baro Lamlhom Lhoknga, Aceh Besar Terbakar, Ini Luas Lahannya
For Serambinews.com
Lahan kebun milik Hanafiah (65) di Meunasah Baro Lamlhom, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (15/1/2020) sore sekitar pukul 16:20 WIB terbakar. 

Lahan Kebun Milik Warga Meunasah Baro Lamlhom Lhoknga, Aceh Besar Terbakar, Ini Luas Lahannya

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Lahan kebun yang memiliki luas 5.000 meter per segi milik Hanafiah (65) di Meunasah Baro Lamlhom, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (15/1/2020) sore sekitar pukul 16:20 WIB terbakar.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tapi kebakaran tersebut cukup menimbulkan kepanikan warga, karena keberadaannya berdekatan dengan kebun warga milik masyarakat setempat.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP mengatakan kebakaran itu diketahui oleh petugas piket Pemadam BPBD Aceh Besar Pos Peukan Bada, setelah menerima informasi yang disampaikan Pos Induk Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar.

“Begitu menerima informasi tersebut petugas langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pemadaman terhadap lahan kebun kosong yang terbakar itu,” sebut Farhan kepada Serambinews.com.

Menurut Farhan, api yang berkobar besar membakar lahan kebun tersebut, sempat menimbulkan kepanikan dari warga sekitar. Di samping itu api yang membakar lahan kebun tersebut mulai menjalar dan kekhawatiran itu semakin besar, bila api tersebut mengenai permukiman penduduk.

Pemkab Pidie Siapkan Gaji Rp 12 M untuk CPNS Baru

Gelora Aceh Besar Serahkan SK untuk 15 Dewan Pengurus Kecamatan

Banyak Perusahaan Kelapa Sawit dan Tambang Batubara, Jalan Desa Rusak, Warga Tulis: Tolong Kami

“Warga setempat langsung  menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk melakukan penangganan. Selain api yang sulit dipadamkan oleh warga setempat, kondisi cuaca saat itu juga terlihat sangat terik dan cerah, sehingga rumput yang sudah kering begitu cepat terbakar,” sebut Farhan.

Didampingi Maswani, seorang petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Farhan menyebutkan petugas piket Pos Peukan Bada mengerahkan satu armada dengan kekuatan empat petugas langsung bergerak ke lokasi.

“Begitu tiba di lokasi petugas langsung melakukan pemadaman dan memblokade api sesuai arah angin, sehingga api tidak merambat ke lahan kebun warga lainnya,” sebut Farhan.

Pemadaman itu sendiri baru selesai dilaksanakan sekitar pukul 17.15 WIB, melibatkan personel polsek dan koramil setempat, perangkat gampong serta masyarakat setempat. 

“Kami imbau seluruh masyarakat agar selalu waspada dengan api atau percikan api. Lalu, kepada warga yang ingin membuka lahan perkebunan agar tidak membakar tapa dijaga. Karena dari analisa parameter cuaca (BMKG) secara umum sudah pada level mudah dan sangat mudah terjadi kebakaran dan lahan atau kebakaran pemukiman,” pungkas Farhan.(*)

Irfan TB Lantik 8 Keuchik dan 14 Tuha Peut di Kecamatan Darul Hikmah

Soal Siap, Mainkan Dalam Kasus Suap Proses PAW Caleg PDIP, Begini Penjelasan Komisioner KPU

Dukung Tim Porwanas Aceh, Plt Ketua Umum AFA Lakukan Ini

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved