Militer Thailand dan TNI AD Teken Kerja Sama di Aceh  

Panglima Angkatan Darat Kerajaan Thailand (Panglima Royal Thailand Army/RTA), Jenderal Apirat Kongsompong, berkunjung ke Aceh

Militer Thailand dan TNI AD Teken Kerja Sama di Aceh   
SERAMBI/M ANSHAR
Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa bersama Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko menyambut kunjungan Panglima Angkatan Darat Kerajaan Thailand, General Apirat Kongsompong bersama rombongan di Markas Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Selasa (14/1/2020). Kunjungan ini dalam rangka membahas kesuksesan penanganan konflik Aceh, dan penandatanganan 4th Implementing Arrangement kelanjutan kerjasama antara TNI AD dengan Angkatan Darat Kerajaan Thailand periode 2020-2023. 

BANDA ACEH - Panglima Angkatan Darat Kerajaan Thailand (Panglima Royal Thailand Army/RTA), Jenderal Apirat Kongsompong, berkunjung ke Aceh, Selasa (14/1/2020). Kedatangannya disambut Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, didampingi Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko.

Panglima RTA, Jenderal Apirat Kongsompong dan rombongan tiba melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, menggunakan penerbangan militer Thailand. Tiba di Bandara SIM, Apirat Kongsompong beserta rombongan dari Thailand langsung berkunjung ke Markas Kodam Iskandar Muda (IM).

Amatan Serambi, kegiatan Panglima RTA beserta rombongan di Makodam IM diawali dengan menerima penghormatan jajar kehormatan dari prajurit Kodam IM. Kunjungan Panglima RTA antara lain didampingi Kepala Staf RTA General Teerawat Boonyawat, Danjen 4th Army Area RTA Letjen Pornsak Poolsawat, Danjen Kopassus RTA Letjen Phumipa Chansawang, Dirjen Direktorat Intelijen RTA Letjen Chairat Changkaew serta para pejabat RTA lainnya.

Dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad), agenda kunjungan Panglima RTA selama satu hari ke Kodam IM dalam rangka membahas kesuksesan penanggulangan konflik di Provinsi Aceh dan melakukan penandatanganan 4th Implementing Arrangement, kelanjutan kerja sama antara TNI AD dengan Angkatan Darat Kerajaan Thailand, periode 2020-2023 oleh KASAD TNI AD bersama Panglima RTA.

Tiba di Makodam IM, Jenderal Apirat bersama KASAD, Pangdam IM, dan unsur pejabat Forkopimda Aceh menggelar pertemuan dan temu ramah di gedung Balai Teuku Umar (BTU). Di antara pejabat Pemerintah Aceh yang hadir antara lain Sekda Aceh Taqwallah, Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud Alhaythar, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah, Ketua DPRA Dahlan Djamaluddin, dan mantan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf atau Mualem.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, dalam pertemuan itu turut dilakukan penandatanganan pengaturan implementasi kerja sama antara TNI Angkatan Darat dengan angkatan darat Thailand. “Hari ini saya dengan Panglima Angkatan Darat Thailand menandatangani kerja sama pengaturan tentang implementasi kerja sama antara TNI AD dan angkatan darat Thailand,” kata Jenderal Andika kepada awak media.

Menurut KASAD Andika, ini adalah penandatangan ke empat. “Yang pertama ditandantangani 2008, kedua tahun 2010, ketiga 2015, dan ini yang ke empat. Semua ini tindak lanjut kerja sama antara Panglima TNI dengan panglima angkatan bersenjata Thailand sejak tahun 2007,” ujarnya.

Adapun kerja sama yang dilakukan masih seputar pendidikan, latihan, pertukaran kunjungan, dan hal-hal lainnya. “Induknya kerja antara Panglima TNI dengan Panglima Angkatan Bersenjata Thailand. Ini dalam rangka mempererat hubungan, kita saling belajar satu sama lain,” kata Jenderal Andika.

Lantas, mengapa penandatanganan itu dilakukan di Aceh? “Kebetulan Aceh secara geogragis paling dekat dengan Thailand, maka Jenderal Apirat sengaja datang ke sini dalam rangka mengenal lebih dekat Aceh dengan segala dinamika yang ada di sini,” ujar Andika.

KASAD Andika juga tak menampik, kedatangan Jenderal Apirat selaku pimpinan tertinggi angkatan darat Thailand dalam rangka melihat apa yang sudah diraih di sini, terkait penyelesaian konflik Aceh yang berkepanjangan. “Beliau juga ketemu dengan Pak Wali Nanggroe dalam konteks ingin sharing sehingga mungkin ada yang berguna untuk diterapkan di Thailand,” tutur Jenderal Andika.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved