Utari Febrina, Kuliah di Dua Fakultas

Utari Febrina beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai Miss Asia Global Aceh 2020, atas gelar itu, ia berhak mewakili Aceh ke event

Utari Febrina, Kuliah di Dua Fakultas
IST
Utari Febrina 

Utari Febrina beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai Miss Asia Global Aceh 2020. Atas gelar itu, ia berhak mewakili Aceh ke event yang sama tingkat nasional yang berlangsung di Batam, Kepulauan Riau, akhir Februari mendatang. Miss Asia Global Aceh 2020 merupakan satu dari sejumlah prestasi yang sudah dikoleksi oleh gadis asal Kuta Binjei, Kecamatan Julok, Aceh Timur, ini. Sebelumnya, sudah banyak prestasi lain yang ditoreh Utari mulai dari bidang modelling, ilmu pengetahuan, hingga olahraga.

Gadis kelahiran 6 Februari 1998 atau 22 tahun lalu, mengungkapkan, sejak kecil ia sudah dididik mandiri dan bertanggung jawab oleh orang tuanya Halimuddin (almarhum) dan Saryunis. "Meskipun hal-hal tersebut bersifat ringan, namun ini memberi dampak besar bagi hidup saya," kata Utari Febrina kepada Serambi, Rabu (15/1/2020).

Kemandirian dalam hidup semakin dituntut saat Utari mulai menjadi santriwati di Ulumuddin Boarding School, Uteunkot, Lhokseumawe. Di samping belajar menuju kemandirian, tinggal di dayah terpadu tersebut secara tidak langsung juga mendidik Utari untuk pintar membagi waktu dalam hidup dan bertanggung jawab dalam semua pekerjaan yang dilakukan.

Selama tiga tahun (mulai pertengahan 2010 hingga pertengahan 2013), Utari mengenyam pendidikan di pesantren tersebut pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain tekun belajar ilmu agama, ia juga aktif di berbagai bidang lain seperti kepramukaan dan olahraga (basket), dan sering mengikuti lomba di bidang akademik.

Pada akhir tahun pendidikannya di pesantren, Utari pun meraih dua predikat yaitu sebagai santriwati teladan dan teraktif. "Saya tentu sangat senang mendapat penghargaan tersebut. Namun, predikat itu bukanlah suatu yang harus saya banggakan. Justru sebaliknya, ini menjadi tanggung jawab baru bagi saya karena dianggap contoh yang baik," ujarnya.

Setelah tamat dari pesantren, Utari melanjutkan pendidikan di SMAN Unggul Aceh Timur. Selama menjadi siswa di sekolah tersebut, ia aktif di organisasi seperti OSIS, pramuka, dan Rohis. "Selain itu, saya juga ikut mewakili sekolah dalam kegiatan nonakademik seperti pemilihan duta wisata Aceh Timur, paskibraka, dan basket. Saya juga termasuk salah seorang delegasi sekolah yang mengikuti lomba di bidang akademik seperti olimpiade astronomi, olimpiade matematika, dan olimpiade Bahasa Inggris, dari tingkat kabupaten hingga nasional," papar Utari.

Berlanjut ke jenjang perkuliahan. Saat ini, Utari tercatat sebagai mahasiswi di dua fakultas  sekaligus yaitu Fakultas Psikologi dan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh. Selama menjadi mahasiswi, Utari juga masih aktif berorganisasi seperti di Dema Fakultas Psikologi serta organisasi luar kampus seperti Green Active Youth, Rakkan Aceh, SAHI, dan IDWIKAT.

Utari juga aktif di beberapa kegiatan kerelawanan bidang lingkungan, pendidikan, dan sosial.

Untuk dunia modelling, menurut Utari, dirinya pun memiliki banyak prestasi. Di antaranya, menjadi Miss Sustainable Development Goals Aceh 2029, dan terbaru menjadi Miss Asia Global Aceh 2020. Pada ajang Miss Asia Global, Utari menyatakan, dirinya akan mewakili Aceh ke event yang sama tingkat nasional di Batam, akhir bulan depan.

Saat tampil di Batam nanti, Utari memastikan dirinya akan berbusana muslimah dan berhijab. "Melalui ajang ini saya juga ingin meyakinkan seluruh masyarakat dunia bahwa muslimah yang memegang teguh syariah Islam di dalam dirinya tidak akan tertinggal. Sebab, hijab tidak membatasi apapun kegiatan dan mimpi yang akan diraih. Hijab adalah simbol kecerdasan manusia, bukan simbol keterbelakangan manusia. Saya juga memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Aceh agar menjadi perwakilan Aceh yang amanah dan dapat mengharumkan nama daerah di event tingkat nasional nanti," harap Utari Febrina. (saiful bahri)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved