Breaking News:

Kebakaran Landa Dua Kabupaten, Dua Rumah dan Empat Kios Dilalap Si Jago Merah

Kebakaran melanda dua kabupaten bertetangga, Aceh Timur dan Aceh Tamiang pada hari dan tempat berbeda

SERAMBINEWS.COM/RAHMAD WIGUNA
Kapolsek Kejuruan Muda Iptu Hendra Sukmana bersama tim Identifikasi Polres Aceh Tamiang memeriksa lokasi kebakaran di Seumadam, Aceh Tamiang, Kamis (16/1/2020). Polisi mengamankan sebuah meteran listrik untuk memastikan penyeban kebakaran yang menghanguskan empat kios ini. 

IDI- Kebakaran melanda dua kabupaten bertetangga, Aceh Timur dan Aceh Tamiang pada hari dan tempat berbeda. Pada Rabu (15/1) siang dan malam, dua unit rumah hangus dilalap si jago merah di Aceh Timur dan empat unit kios di Aceh Tamiang pada Kamis (16/1) siang, akibat korsleting listrik.

Kebakaran pertama terjadi di satu unit rumah semi permanen milik pasangan Saifannur (53) dan Badriah (42) di Dusun Teungoh, Gampong Seuneubok Punteut, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur, ludes dilalap api. Rumah terbakar saat ditinggal kosong oleh pemilik, Rabu (15/1) siang sekitar pukul 11.50 WIB.

“Saat itu pemilik rumah sedang bekerja membakar batu bata,” ujar Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro SIK MH, melalui Kapolsek Peudawa, Ipda A Haris Nur, kepada Serambi, Kamis (16/1). Dikatakan, kerugian, sekitar Rp 200 juta, karena barang berharga seperti, dua unit sepeda motor (Honda Supra, dan Satria), uang tunai, TV, kulkas, lemari, sofa, tempat tidur, dan barang berharga lainnya ikut terbakar.

“Penyebab kebakaran ini diduga akibat korsleting listrik dan rumah dalam keadaan kosong, sehingga tidak ada barang yang dapat diselamatkan,” kata Eko Widiantoro. Dikatakan, api baru bisa dipadamkan selama satu jam, namun kondisi rumah bersama isinya telah hangus terbakar. Ditambahkan, kebakaran itu pertama kali diketahui oleh warga dan keuchik melaporkan kepada Polsek Peudawa, dan empat unit mobil pemadam dikerahkan, sehingga sekitar pukul 12.40 WIB, api berhasil dipadamkan.

Dinas Sosial Aceh Timur langsung menyerahkan bantuan logistik, bagi korban kebakaran di Peudawa yang diserahkan oleh Kabid Linjamsos, Saharani SAG MA.  “Bantuan terhadap korban kebakaran pada Selasa malam di Kecamatan Idi Tunong, juga telah kita salurkan,” ungkap Saharani.

Sementara itu, satu unit rumah kayu milik warga Desa Afd II Bukit, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, Rabu (15/1) malam ini hangus terbakar. Rumah yang terbuat dari kayu itu selama ini ditempati Poniran (60) dan keluarganya terbakar sekitar pukul 20.30 WIB yang diduga akibat korsleting listrik.

Akibat insiden kebakaran itu, seluruh harta benda milik korban tak ada yang bisa diselamatkan, karena ludes jadi abu. Petugas Pemadam Kebakaran Aceh Timur yang berada di sekitar Kecamatan Birem Bayeun, tidak bisa berbuat banyak.

Saat petugas tiba ke lokasi, api telah meratakan rumah milik warga yang berprofesi sebagai petani dengan tanah.  Karena jarak lokasi kebakaran di Desa Afd II Bukit ini, jauh dari pusat Kecamatan Birem Bayeun.

Selain itu, empat kios di Dusun Karya, Kampung Seumadam, Kejuruanmuda, Aceh Tamiang musnah setelah diamuk si jago merah pada Kamis (16//1) dinihari.  Amukan api ini diketahui dua sekuriti PT Semadam yang tengah bertugas sekira pukul 03.00 WIB dalam kondisi sudah membesar.

Menurut mereka titik api awalnya hanya berada di satu kios milik Yudi (31) warga Dusun Karya.  Kondisi kios yang terbuat dari papan dan tepas serta keberadaan bensin eceran di salah satu kios membuat api terus membesar hingga merembet ke kios lainnya, masing-masing milik Limin (45), Kamal (50) dan Dewi (27) yang seluruhnya merupakan warga Dusun Karya.(c49/zb/mad)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved