12 Penderita Bibir Sumbing Dioperasi

Sebanyak 12 anak-anak Aceh penderita bibir sumbing, besok pagi, Minggu (19/1) akan menjalani operasi di Rumah Sakit Malahayati

12 Penderita Bibir Sumbing Dioperasi
Dok Smile Train Aceh
Tim dokter yang terlibat dalam operasi bibir sumbing di Rumah Sakit Malahayati, Banda Aceh 

* Besok, di RS Malahayati

* Kerja Sama Serambi dengan Smile Train

BANDA ACEH - Sebanyak 12 anak-anak Aceh penderita bibir sumbing, besok pagi, Minggu (19/1) akan menjalani operasi di Rumah Sakit Malahayati, Banda Aceh. Kegiatan sosial tersebut dalam rangka memperingati HUT Ke-31 Harian Serambi Indonesia yang bekerja sama dengan Smile Train Indonesia.

Koordinator Smile Train Aceh, Rahmat Maulizar, kepada Serambi, Jumat (17/1), menaruh harapan, setelah operasi bibir sumbing dan celah langit yang dilakukan secara gratis tersebut, akan lahir sebuah mimpi dan cita-cita yang besar. Sehingga, anak-anak Aceh kembali memiliki kepercayaan diri yang besar.

"Kita berharap beberapa tahun ke depan, Aceh betul-betul terbebas dari bibir sumbing. Kalau pun ada penderita bibir sumbing yang ditemui, segera bawa ke RS Malahayati agar segera dioperasi secara gratis, jangan dibiarkan berlama-lama," sebut Rahmat.

Ia pun berharap pelayanan operasi bibir sumbing gratis dari Smile Train dapat terus berlanjut, sehingga para penderita bibir sumbing yang menjalani operasi bisa mendapatkan senyum baru.

Koordinator Smile Train Aceh ini pun menerangkan untuk proses operasi akan ditangani langsung oleh ahlinya, satu tim dokter spesialis bedah plastik, mulai dr Muhammad Jailani SpBP RE (K), dr Mirnasari SpBP RE, serta dr Samsul Rizal SpBP RE.

"Alhamdulillah, ketika kita bisa melihat anak-anak Aceh yang selama ini menderita bibir sumbing, bisa tersenyum kembali dan lebih percaya diri setelah operasi, tentu ada kepuasan tersendiri. Lalu kita yakin rasa percaya diri itu akan tumbuh," pungkas Rahmat.

Koordinator Smile Train Aceh, Rahmat Maulizar, menyebutkan selain operasi 12 penderita bibir sumbing yang akan dilaksanakan pada Minggu (19/1) pagi, kegiatan sosial dalam rangka HUT Ke-31 Harian Serambi Indonesia bekerja sama dengan Smile Train Indonesia itu juga direncanakan dalam tiga tahap, yakni Minggu (19/1) pagi. Lalu, Minggu (9/2) dan Minggu (1/3) yang dilaksanakan di RS Malahayati, Banda Aceh.

"Untuk tahap pertama, Minggu besok, pasien sudah mendaftar 12 orang, berasal dari Aceh Selatan, Pidie Jaya, Aceh Utara, Bener Meriah, Banda Aceh,Abdya dan Medan," sebutnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat Aceh yang menemukan penderita bibir sumbing dan langit bocor, segera menghubungi panitia atau bisa langsung mendaftar ke RS Malahayati Banda Aceh, tanpa dipungut biaya sepersen pun.

"Syarat untuk operasi bibir sumbing minimal berusia 3 bulan dan berta badan 5 kilogram tanpa batasan usia," tutup Rahmat.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved