Breaking News:

Bendungan Bocor

Bendungan Karet Lambaro Bocor, 30 Persen Air Baku PDAM Susut, Ini Dua Kecamatan yang Terdampak

Bendungan yang bocor kali ini, bendungan karet yang berada di tengah, sedangkan yang berada pada sisi dan kanan kiri bendungan tidak bocor.

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Kadis PUPR Kota Banda Aceh, Jalaluddin, bersama penjaga bendungan karet dan pata Direktur PDAM Tirta Daroy, melihat bendungan karet yang bocor, Rabu (29/1). 

Laporan Herianto I Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, ACEH BESAR - Bendungan karet di Lambaro Kecamatan Ingin jaya, Kabupaten Aceh Besar, kembali bocor.

Bendungan yang bocor kali ini, bendungan karet yang berada di tengah, sedangkan yang berada pada sisi dan kanan kiri bendungan tidak bocor.

Penjaga bendungan karet, Edi yang dimintai penjelasan di lokasi kepada Serambinews.com, Rabu (29/1/2020) menjelaskan faktor penyebab bendungan karet Lambaro yang berada di tengah bocor, sama seperti faktor penyebab bocornya bendungan karet yang berada di sisi kanan sungai, yang bocor pada Juli 2019 lalu, akibat kena tusukan kayu yang hanyut dari hulu sungai Krueng Aceh saat musim banjir Desember 2019 lalu.

Bendungan karet itu diketahui bocor, ungkap Edi, pada awal bulan Januari 2020 lalu saat dilakukan penambahan angin untuk menahan ketinggian air sungai dari hulu Sungai Krueng Aceh jangan sampai menurun.

Polsek Nibong Aceh Utara Amankan Pria Pembacok Petani, Begini Keterangan Warga tentang Pelaku 

Beredar Video Salman Khan Emosi Diajak Foto Penggemar, Curhatan Mantan Aishwarya Rai Terbukti Benar

Sahrul Gunawan dan Una Maulina Beda Usia 19 Tahun, Dikenalkan Tommy Kurniawan dengan Gadis Aceh

Karena kalau ketinggian endapan air di bendungan karet sudah menurun, dampaknya pasokan air baku untuk kedua PDAM yaitu PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh dan PDAM Tirta Montala, Aceh Besar, akan menurun drastis.

Direktur Tehnis PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh, Irwandi menjelaskan, setelah bendungan karet Lambaro bocor kembali, pasokan air baku dari inteks PDAaM yang berada di pinggiran Sungai Krueng Aceh, produksinya menurun sebesar 240 liter/detik atau sebesar 30 persen, dari kapasitas normalnya 800 liter/detik, kini menjadi 560 liter/detik.

Konsekwensi dari penurunan pasokan air baku tersebut, kata Kepala Bagian Taransmisi dan Distribusi air PDAM Tira Daroy, Abdurrahman pensuplaian air bersih kepada pelanggan di Kota Banda Aceh akan menurun.

Terutama ke wilayah yang berada di ujung pipa induk penyaluran PDAM, seperti di Kecamatan Meuraxa, Kutaradja dan lainnya.

Suplai air bersih ke wilayah, kata Abdurrahman, itu akan tersendat-sendat, karena volume produksi air bersih sudah menurun, akibat penurunan pasokan air baku PDAM, dampak dari menurunnya permukaan air Krueng Aceh, dan bocornya kembali bendungan karet yang ada di Lambaro.

Kepala Dinas PUPR Kota Banda Aceh, Jalaluddin, ST, MT mengatakan, pihaknya sudah meninjau lokasi bendungan karet yang bocor di Lambaro.

Hasil peninjuan sudah dilaporkan kepada Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Kepala Balai Wilayah Sungai I Sumatera, Jaya Sukarno.

Kepala Balai, Jaya Sukarno mengatakan kepada Jalaluddin, dirinya saat ini sedang berada di lokasi pembangunan bendungan Rukoh, di Pidie dan besok, hari Kamis (30/1/2020) ia akan meninjau ke lokasi bendungan yang bocor untuk penanganan dan penambalan kembali bendungan yang bocor, agar bisa kembali berfungsi secara optimal.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved