Berita Aceh Barat

Aceh Barat Lauching Program PKSAI di Meulaboh, Ini Manfaatnya

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Sosial melauching Unit Pelaksana Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (UP- PKSAI)...

Aceh Barat Lauching Program PKSAI di Meulaboh, Ini Manfaatnya
SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Asisten I Sekdakab Aceh Barat, Marhaban didampingi Kadis Sosial, Bismi dan para SKPK lainnya membuka selubung Sekretariat UP-PKSAI, Selasa (28/1/2020) pada kegiatan Lauching UP-PKSAI di komplek Kantor Dinas Sosial di Meulaboh. 

Aceh Barat Lauching Program PKSAI di Meulaboh, Ini Manfaatnya

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Sosial melauching
Unit Pelaksana Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (UP- PKSAI), Selasa (28/1/2020) yang berlangsung di halaman kantor setempat di Meulaboh, yang diresmikan langsung Asisten I Marhaban mewakili bupati.

Sementara hal tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi dan menangani anak-anak yang beresiko dan rentan terhadap kekerasan, eksploitasi, dan penelantaran dengan mempromosikan keterpaduan untuk penyediaan layanan secara efektif dan efesien.

Acara tersebut dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Barat, Kepala Dinas Sosial Aceh dan jajarannya, para Kepala Dinas, Badan dan Kantor, para Camat, perwakilan Unicef dan Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM).

Asisten I Sekdakab Aceh Barat yang mewakili bupti pada kegiatan tersebut mengatakan, bahwa program PKSAI merupakan upaya terpadu yang dilakukan Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat, dalam bentuk pelayanan social. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan dasar anak diantaranya akses pelayanan sosial dasar, penguatan orang tua atau keluarga dan penguatan kesejahteraan sosial anak.

Riska Indah Zuhra, Guru TPA Favorit Fokus Selesaikan Skripsi

Virus Corona Diduga Senjata Biologis China, Begini Komentar Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis

Fachrul Razi, di Aceh akan Dikembangkan 290 Desa Wisata

“Kita sangat mengharapkan dukungan penuh dari para keuchik dan camat serta pihak terkait lainnya dengan memberikan informasi kepada masyarakat akan keberadaan PKSAI ini,” harapnya.

Dijelaskannya, dengan adanya PKSAI ini diharapkan mampu berdampak langsung dalam penyelesaian beragam permasalahan sosial anak di tengah-tengah masyarakat dan ketepatan dalam memberikan bantuan di Kabupaten Aceh Barat.

Sementara Kepala Dinas Sosial Aceh Barat Bismi, menyebutkan, bahwa launching tersebut merupakan yang pertama dilakukan saat ini.

Sehingga anak merupakan aset penerus bangsa dan negara, maka masalah sosial anak adalah tanggung jawab para pelaku kebijakan baik dari segi pemerintahan maupun swasta.

PKSAI merupakan suatu upaya sistemik dan berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anak untuk kepentingan terbaik anak.

Bener Meriah Berhasil Meningkatkan Raihan Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Menurutnya, Dinas Sosial Aceh Barat telah berusaha semaksimal mungkin bersama dengan instansi lainnya dibantu dengan pilar-pilar sosial diantaranya yaitu adanya Satuan bakti Pekerja sosial (Sakti Peksos) dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), pekerja sosial masyarakat, para relawan sosial dan komunitas lainnya melakukan upaya penanganan dan pendampingan masalah sosial anak yang ada di Aceh Barat.

Pihaknya melalui UP-PKSAI selama tahun 2019 telah menerima secara langsung dan tidak langsung, menangani sebanyak 68 permasalahan anak mulai dari balita terlantar, anak yang berhadapan dengan hukum, putus sekolah, dan anak yang membutuhkan perlindungan khusus (AMPK).

“Maka dengan adanya sekretariat PKSAI kami berharap masalah sosial anak dapat diatasi secara bersama-sama, bersinergi dengan keterlibatan lintas sektor, sehingga masalah anak dapat diselesaikan dengan cepat, tepat, akurat, dan tuntas,” harap Bismi.(*)

KPK Periksa Muhaimin Iskandar, Dalami Aliran Suap Kasus Kementerian PURR

Cegah Virus Corona, Bupati dan Forkopimda Pantau Bandara di Nagan Raya

Air Berubah Menjadi Hitam, DLH Pidie Periksa Air di Aliran Sungai Tiro

 
 

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved