Breaking News:

Salam

Bank Aceh Syariah Harus Lebih Maju  

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengingatkan pengurus PT Bank Aceh supaya menggenjot penyaluran kredit

Editor: bakri

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengingatkan pengurus PT Bank Aceh supaya menggenjot penyaluran kredit untuk sektor produktif. AAgar kondisi bank ini dapat terus solid dan kuat, maka pada kesempatan ini saya harapkan para komisaris dan direksi yang sudah dilantik agar terus memprioritaskan penyaluran kredit Bank Aceh Syariah ke sektor produktif. Saya ulangi, ke sektor produktif. Sudah puluhan kali hal ini saya katakan dan semoga tidak bosan mendengarnya,@ kata Nova saat melantik jajaran komisaris dan direksi PT Bank Aceh 2020-2024, Senin (3/2/2020).

Nova mengatakan, pembiayaan atau kredit ke sektor produktif yang bisa digalakkan PT Bank Aceh Syariah di antaranya usaha mikro, kecil, dan menengah di berbagai bidang usaha. AKita perlu memberi perhatian besar ke sektor usaha produktif guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan tersedianya lapangan kerja yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Aceh,@ katanya.

Hal terpenting lainnya, lanjut Nova, adalah pengembangan dan pelayanan dengan sistem syariah yang juga perlu terus ditingkatkan. APastikan agar semua transaksi harus sesuai dengan prinsip syariah,@ pesan Nova.

Ia juga mengingatkan, khususnya kepada jajaran direksi dan komisaris terpilih, bahwa Bank Aceh Syariah masih harus terus memperbaiki berbagai kelemahan yang ada di tengah semakin sengitnya persaingan. Terutama dalam hal peningkatan kualitas SDM dan pengembangan bidang teknologi, serta perluasan jangkauan operasional. AMasalah ini harus mendapat perhatian yang sangat serius dari jajaran Bank Aceh Syariah," ujar  Plt Gubernur Aceh ini.

Dalam catatan kita, setiap kali berbicara tentang Bank Aceh, ada dua hal penting yang disinggung Nova. Pertama soal penyaluran kredit ke sektor produktif yang menurutnya kurang berjalan sebagaimana harapan. Dan, kedua, soal pelayanan serta sumberdaya manusia (SDM) bank itu sendiri. Soal pelayanan menyangkut sistem dan teknologi yang harus mengikuti perkembangan sejajar dengan bank-bank nasional.

Intinya, secara tersirat Plt Gubernur menginginkan Bank Aceh Syariah beroperasi secara moderen dengan memberi perhatian pada penyaluran kredit ke sektor-sektor produktif. Dengan demikian, pada akhirnya Bank Aceh diharapkan bisa menjadi lokomotif bagi pertumbuhan ekonomi daerah yang sekaligus mengurangi angka kemiskinan.

Sejauh ini kita belum tahu seberapa besar peran Bank Aceh dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Dan, tentang peran sebuah bank dalam peningkatan ekonomi daerah, biasanya antara lain menggunakan ukuran seberapa banyak serta seberapa sukses kredit sektor produktif yang disalurkan bank dimaksud. 

Sudah banyak ahli ekonomi dan perbankan mengungkap bahwa peran perbankan dalam menggerakkan perekonomian suatu daerah sangatlah besar. Terkait dengan hal tersebut, muncul tantangan yang harus dihadapi perbankan agar kepercayaan masyarakat terhadap perbankan tetap terjaga.

Tantangan tersebut dibagi menjadiempat hal. Pertama, globalisasi yang pada intinya bagaimana bank harus bisa menjaga regulasi etika serta sustainability financial (keuangan berkelanjutan). Kedua, teknologi yang semakin maju membuat perbankan harus mampu menyesuaikan kebutuhan masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan efisien seperti dengan online system dan m‑bangking.

Ketiga, kondisi sosiologis masyarakat. Banyak anak muda yang kurang percaya dengan perbankan akibat isu bahwa bangkrutnya suatu negara itu karena ulah perbankan. Sehingga perbankan dituntut bisa menjadi kepercayaan masyarakat.

Dan, keempat adalah demografi. Salah satu kunci pokok yang diinginkan masyarakat umum adalah bank daerah hendaknya selalu menyalurkan kembali ke masyarakat dana-dana yang dihimpun dari masyarakat.

Kepada para Komisaris dan Direksi Bank Aceh Syariah yang baru dilantik kita ucapkan selamat menjalankan tugas dengan mengemban amanah sebaik-baiknya bagi perkembangan Bank Aceh agar semakin dapat menunjukkan peran sebagai lokomotif bagi pertumbuhan perekonomian Aceh.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved