Ditolak Sejumlah Negara karena Takut Corona, Kapal Pesiar MS Westerdam Akhirnya Berlabuh di Kamboja

Meski tak ada seorang pun yang jatuh sakit, kapal pesiar tersebut telah ditolak berlabuh oleh Jepang, Taiwan, Guam, Filipina dan Thailand.

Ditolak Sejumlah Negara karena Takut Corona, Kapal Pesiar MS Westerdam Akhirnya Berlabuh di Kamboja
Instagram.com/zonacrociera/
Kapal pesiar Holland America MS Westerdam 

SERAMBINEWS.COM, HANOI - Kapal pesiar MS Westerdam akhirnya berlabuh di pelabuhan Sihanoukville, Kamboja pada Kamis (13/2/2020) pagi.

Dilansir Channel News Asia, kapal tersebut telah menghabiskan dua minggu di lautan setelah ditolak berlabuh di lima negara dengan alasan takut membawa penumpang yang terinfeksi virus corona.

"Kita telah memiliki banyak sekali momen dimana kita kira akan pulang tapi pada akhirnya ditolak," ujar penumpang MS Westerdam asal Amerika Serikat Angela Jones seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (13/2/2020).

"Pagi ini, hanya dengan melihat pulau saja sudah menjadi momen yang membuat hati berdebar-debar. Saya berpikir apakah ini nyata?" imbuh Jones.

Berdasarkan Holland America, operator kapal dan unit Miami Carnival Corp, para penumpang di kapal telah melakukan rangkaian pengecekan kesehatan.

Meski tak ada seorang pun yang jatuh sakit, kapal pesiar tersebut telah ditolak berlabuh oleh Jepang, Taiwan, Guam, Filipina dan Thailand.

HEBOH Mahkluk Misterius Berkaki 3 Tiba-tiba Menggelepar di Atas Dek Kapal, Hewan Apa?

Tak Sesempurna Kelihatannya, Rizky Febian Ungkap Kejadian Aneh di Rumah Mewah Sule: Ada Cewek Ngesot

Masa Penahanan Irwandi Yusuf Berakhir Hari Ini, Kuasa Hukum akan Surati KPK

Ketakutan itu tak lepas dari kejadian dimana kapal pesiar Diamond Princess yang juga dikelola oleh Carnival Corp, diketahui membawa 175 penumpang yang positif virus corona dari total 3.700 penumpang.

Kapal pesiar MS Westerdam sendiri sudah mencoba berlabuh di Bangkok pada Selasa (11/2) yang kemudian mendapat penolakan dari pihak berwenang Thailand.

Berdasarkan Marine Traffic, kapal perang Thailand memerintahkan kapal pesiar MS Westerdam keluar dari perairan Thailand pada Rabu (12/2) yang kemudian menuju Kamboja.

Kapten kapal pesiar MS Westerdam Vincent Smit mengatakan dalam suratnya, para penumpang kapal akan menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Dari salinan surat yang dilihat Reuters disebutkan sebagian besar penumpang baru akan dipulangkan melalui penerbangan charter dari Phnom Penh pada Jumat (14/2).

"Kami sangat senang dengan rencana final ini," ujar Smit dalam suratnya.

Duta besar Amerika Serikat untuk Kamboja mengatakan telah menerjunkan tim untuk membantu kepulangan warga negara AS dan berkoordinasi dengan duta besar negara lainnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ditolak Lima Negara Takut Virus Corona, Kapal Pesiar MS Westerdam Akhirnya Bisa Berlabuh di Kamboja

Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved