Kasasi Irwandi Yusuf Ditolak

Irwandi Yusuf Dihukum Penjara Tujuh Tahun, Pagi Ini Dipindahkan ke LP Sukamiskin Bandung

Irwandi diberangkatkan dari Rutan KPK Jakarta ke LP Sukamiskin pada Jumat pagi pukul 08.00 WIB, untuk menjalani hukuman penjara selama tujuh tahun.

ANTARA/HAFIDZ MUBARAK A
GUBERNUR Aceh nonaktif Irwandi Yusuf bersiap menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (25/3). 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Irwandi Yusuf  akan menjalani hukuman penjara di LP Sukamiskin Bandung selama tujuh tahun, sesuai putusan majelis hakim Mahkamah Agung yang telah menjatuhkan vonis pada Kamis (13/2/2020). 

Kuasa hukum hukum Irwandi Yusuf, Sayuti Abubakar SH MH,  mengatakan hal itu Jumat (14/2/2020) dinihari, setelah medapat salinan putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA).

Sayuti mengatakan, Irwandi  diberangkatkan dari Rutan KPK Jakarta ke LP Sukamiskin pada Jumat pagi pukul 08.00 WIB, untuk  menjalani hukuman penjara selama tujuh tahun.

"Kami sudah menerima petikan putusan Mahkamah Agung, Irwandi Yusuf dihukum 7 tahun penjara," ujar Sayuti Abubakar mengenai hukuman penjara yang diterima Irwandi Yusuf.

Upaya hukum Irwandi Yusuf agar mendapatkan keringanan, kandas, setelah Majelis hakim Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Irwandi Yusuf terkait kasus suap proyek yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018.

Putusan kasasi tersebut dikeluarkan bertepatan dengan berakhirnya masa penahanan Irwandi pada Kamis (13/2/2020).

Irwandi mengajukan kasasi ke MA pada Rabu, 28 Agustus 2019 karena tidak menerima putusan banding Pengadilan Tinggi Jakarta yang memvonisnya delapan tahun penjara.

Sebelumnya, pada 8 April 2019, Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis kepada Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf  tujuh tahun penjara setelah dinyatakan terbukti bersalah menerima suap dan gratifikasi, denda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan.

Hakim juga mencabut hak politik Irwandi untuk dipilih, selama tiga tahun sejak masa hukuman berakhir. Irwandi pun melakukan banding.

Halaman
12
Penulis: Fikar W Eda
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved