Plt Gubernur Kawal Kerja Sama BPKS dengan RITES India  

Delegasi Pemerintah Aceh yang dipimpin Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT tiba di New Delhi, India, Minggu (16/2/2020) malam

Plt Gubernur Kawal Kerja Sama BPKS dengan RITES India   
SERAMBINEWS.COM/Handover
Tim Delegasi Aceh dipimpin Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah bertemu Dubes Indonesia di New Delhi, Reza Suryodipuro, Senin (17/2) 2020. 

NEW DELHI - Delegasi Pemerintah Aceh yang dipimpin Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT tiba di New Delhi, India, Minggu (16/2/2020) malam. Kunjungan ini untuk menindaklanjuti  kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah India terkait percepatan ekonomi dan pembangunan konektivitas Aceh-Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Kunjungan Delegasi Aceh ke India dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari untuk bertemu sejumlah pihak terkait di New Delhi, Chennai, dan Kepulauan Andaman-Nicobar. Pada hari pertama, Senin (17/2/2020), delegasi Pemerintah Aceh yang didampingi oleh dua perwakilan dari Kementerian Luar Negeri RI, melakukan pertemuan dengan Duta Besar RI untuk India, Sidharto Reza Suryodipuro.

Pada hari pertama, Plt Gubernur juga mendampingi pertemuan antara Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dengan RITES, lembaga semacam BUMN yang bertanggung jawab membuat perencanaan dan pembangunan infrastruktur negara India.

Masih pada hari pertama, delegasi Pemerintah Aceh melakukan pertemuan dengan Sekjen Kemenlu India, NITI Aayog (lembaga perencanaan pembangunan India), serta pertemuan dengan Menteri Luar Negeri, dan Menteri Perdagangan dan Perindustrian India.

Dalam pertemuan dengan Dubes RI untuk India, Plt Gubernur mengatakan, kerja sama percepatan konektivitas Andaman-Nicobar dengan Aceh ini dirintis oleh Kementerian Luar Negeri kedua negara, India, dan Indonesia. Seperti halnya Indonesia yang memberikan perhatian khusus kepada Aceh, saat ini Pemerintah India juga sedang fokus untuk membangun wilayah Andaman-Nicobar.

"Saya dapat pesan dari Pak Presiden agar segera merealisasikan kerja sama ini," kata Nova seraya berharap dukungan dari Dubes RI untuk India dan perwakilan Kemenlu yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Staf Khusus Gubernur Aceh, Iskandar MSc kepala Serambi di New Delhi, Senin (17/2) mengatakan, ini merupakan kunjungan pertama Plt Gubernur Aceh ke India, sekaligus sebagai kunjungan balasan atas kunjungan Dubes India untuk Indonesia ke Aceh. "India sangat berminat untuk berinvestasi di Aceh, terutama di Sabang. Dubes India di Jakarta sudah lima kali ke Aceh untuk menjajaki kerja sama ini. Makanya harus kita follow up," kata Iskandar.

Iskandar mengatakan, pada 7 Desember 2019, Pemerintah Indonesia dan India telah membentuk Joint Task Force untuk melaksanakan rencana aksi atau plan of action 2020-2024 dalam bidang  perdagangan dan investasi, konektivitas, pembangunan infrasruktur Sabang, pembangunan berkelanjutan bidang sumber daya kelautan dan perikanan, pariwisata, serta pertukaran budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Jadi BPKS dan Kadin adalah pihak yang terkait langsung dengan kerja sama ini. Plt Gubernur Aceh dan delegasi Pemerintah Aceh ini hanya mengantarkan dan mengawal agar kerja sama ini bisa berjalan seperti harapan Bapak Presiden dan masyarakat Aceh," ungkap Iskandar.

Adapun perwakilan BPKS yang berkunjung ke India adalah Plt Wakil Ketua BPKS Islamuddin bersama Direktur Investasi dan Bisnis BPKS Teuku Ardiansyah, dan Kepala Pelabuhan BPKS Zulkarnaini. Dari kalangan dunia usaha hadir Ketua Kadin Aceh Makmur Budiman, Wakil Ketua Kadin Jafaruddin, serta pengusaha nasional asal Aceh Ismail Rasyid.

Sementara dari Pemerintah Aceh, selain Plt Gubernur Nova Iriansyah dan Staf Ahli Iskandar MSc, turut serta hadir Wakil Ketua DPRA Dalimi, Asisten III Bukhari MM, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTMPTSP) Aulia Sofyan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jamaluddin, Kepala Biro Hukum Amrizal J Prang, dan Staf Ahli Gubernur Iqbal Farabi. (nal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved