Calon Mahasiswa Kurang Mampu Diimbau Mendaftar, Untuk Dapatkan Kartu Indonesia Pintar

Ini kesempatan emas bagi calon mahasiswa di Aceh atau di provinsi mana pun di negeri ini yang berasal dari keluarga kurang mampu

Calon Mahasiswa Kurang Mampu Diimbau Mendaftar, Untuk Dapatkan Kartu Indonesia Pintar
SERAMBINEWS.COM/MAWADDATUL HUSNA
Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Prof Dr Ir Samsul Rizal M Eng 

BANDA ACEH - Ini kesempatan emas bagi calon mahasiswa di Aceh atau di provinsi mana pun di negeri ini yang berasal dari keluarga kurang mampu (miskin atau prasejahtera), untuk mendapatkan bantuan finansial (biaya pendidikan) dari pemerintah melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

"Calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu kami persilakan mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yakni awal Maret sampai 31 Maret 2020," kata Wakil Ketua I Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU kepada Serambi via telepon dari Bireuen, Sabtu (22/2/2020).

Prof Samsul yang juga Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh itu sedang berada di Bireuen dalam rangka menghadiri Kenduri Kebangsaan yang dihadiri Presiden Jokowi di Bireuen hari ini.

Menurutnya, pendaftaran untuk mendapatkan KIP Kuliah harus secara online (daring), yakni dengan mengunduh laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Data yang diperlukan untuk pendaftaran KIP Kuliah sama dengan persyaratan mendapatkan Bidikmisi, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail.

Setelah diverifikasi oleh sistem, calon akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses untuk mendaftar ke PTN. Khusus untuk calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP Kuliah dimohon melakukan pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai dengan 27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB).

Mengutip siaran pers dari Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Nomor: 25/Sipres/A6/II/2020, tentang Bantuan Biaya Pendidikan KIP Kuliah, Prof Samsul Rizal menyampaikan beberapa informasi tambahan berkenaan dengan kegiatan pendaftaran SNMPTN 2020, sebagai berikut.

Pertama, calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP Kuliah (calon penerima KIP) dimohon tetap melakukan pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB) sampai yang bersangkutan mengisi pilihan program studi (prodi) dan perguruan tinggi negeri (PTN).

Kedua, bagi calon mahasiswa yang belum memiliki KIP Kuliah diberi kesempatan untuk melakukan finalisasi sampai dengan akhir Maret 2020. Ketiga, setelah masa pendaftaran KIP Kuliah berakhir, akan dilaksanakan sinkronisasi data antara data pendaftar SNMPTN di LTMPT dengan data penerima KIP Kuliah untuk keperluan seleksi.

"Pendaftaran dianggap sah bila sudah dilakukan finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum/tidak mendaftar SNMPTN," kata Prof Samsul mengutip penegasan Ketua LTMPT, Prof Muhammad Nasih. (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved