Aminullah: Literasi Sumber Pengetahuan

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, sumber utama pengetahuan adalah literasi. Jika literasi kuat, dipastikan masyarakat

Aminullah: Literasi Sumber Pengetahuan
IST

* Bertekad Hadirkan Pustaka Hingga ke Lorong

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, sumber utama pengetahuan adalah  literasi. Jika literasi kuat, dipastikan masyarakat kita akan semakin banyak yang pintar dan maju, sehingga  bisa mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal itu diungkapkannya  usai mengikuti pembukaan Rakornas Bidang Perpustakaan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (25/2). Acara yang diikuti oleh 1.500 pegiat  literasi termasuk gubernur, bupati/wali kota se-Indonesia itu, dibuka Mendagri, Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD.

Menurut Aminullah, setelah mendengar penyampaian Mendagri Tito dan Kepala Perpustakaan Nasional Drs M Syarif Bando MM, komitmen dirinya untuk memasyarakatkan literasi semakin kuat. “Kita  di daerah harus menyikapi literasi dengan serius, karena ini sangat penting guna mewujudkan masyarakat pintar dan berpengetahuan.” Ia pun bertekad untuk  menghadirkan perpustakaan atau unit-unit literasi hingga ke pelosok gampong. “Bukan hanya tingkat kota, tapi juga  kecamatan, desa, hingga ke lorong-lorong. Perpustakaan harus bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda,” ujarnya.

Menindaklanjuti arahan Mendagri Tito untuk membudayakan literasi, Banda Aceh juga akan membangun  sebuah perpustakaan modern dan lengkap. “Tahun ini sedang kita siapkan gedung pustaka yang representatif dengan didukung  dana APBN,” katanya.

Usai pembukaan oleh  Mendagri, Rakornas Bidang Perpustakaan diisi dengan berbagai materi melalui sesi pleno kebijakan, praktisi, FGD, dan pameran produk literasi. Rangkaian acara dimaksud akan berlangsung hingga 27 Februari 2020 mendatang.(hba/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved