Serambi Award 2020

Capaian Fantastis Unsyiah

Alhasil, tak kurang dari 30 PTN dan PTS se-Indonesia berkunjung ke Unsyiah untuk berguru bagaimana cara mencapai prestasi sepektakuler itu.

For Serambinews
Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal menyerahkan cendera mata kepada Jusuf Kalla yang menjadi dies reader pada saat Dies Natalis Ke-58 Unsyiah, 2 September 2019. 
Serambi Award 2020 untuk Unsyiah dalam katagori Perolehan Akreditasi Fantastis

KABAR yang ditunggu-tunggu itu akhirnya datang juga. 6 Agustus 2015 menjadi momen paling menggembirakan bagi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Pada hari itulah rektor dan civitas akademika “Kampus Jantong Ate Rakyat Aceh” ini mendapat kabar bahwa institusi mereka resmi memperoleh nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Kegembiraan meluap karena capaian itu tergolong fantastis. Betapa tidak, akreditasi Unsyiah sebelumnya C, naik ke A. Lompatan yang luar biasa. Informasi tentang akreditasi A itu dengan cepat tersebar di sosial media. Para netizen pun menyampaikan ucapan selamat kepada pimpinan Unsyiah atas prestasi itu. Sekaligus menjadi kado istimewa bagi Unsyiah yang tahun itu berusia 54 tahun di bawah pimpinan Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, IPU.

Nilai prestisius akreditasi itu tertera dalam SK BAN-PT Nomor 736 Tahun 2015 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. SK ini diterima Unsyiah, Kamis (6/8/2015), selang satu bulan dari tanggal keluarnya SK, yakni 10 Juli 2015. Dalam SK ditulis bahwa Unsyiah terakreditasi dengan nilai 362 peringkat A. Satu-satunya PTN dari 549 PTN di Indonesia yang akreditasinya meningkat dari C ke A saat itu. Kabar tentang capaian Unsyiah yang spektakuler itu dengan cepat menyebar ke berbagai perguruan tinggi di Tanah Air. Alhasil, tak kurang dari 30 PTN dan PTS se-Indonesia berkunjung ke Unsyiah untuk berguru bagaimana cara mencapai prestasi sepektakuler itu.

Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur, menyerahkan sertifikat Serambi Award 2020 kepada Wakil Rektor Unsyiah bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat, Dr Hizir pada malam Anugerah Serambi Award 2020, Jumat 28 Februari 2020 di Hermes Palace Hotel. SERAMBI/BUDI FATRIA
Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur, menyerahkan sertifikat Serambi Award 2020 kepada Wakil Rektor Unsyiah bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat, Dr Hizir pada malam Anugerah Serambi Award 2020, Jumat 28 Februari 2020 di Hermes Palace Hotel. SERAMBI/BUDI FATRIA (Serambi/Budi Fatria)

Pendeknya, dalam 5 tahun terakhir, Unsyiah telah memberi inspirasi bagi kampus lain dalam meningkatkan akreditasi institusi. Juga mengasuh 12 PTS di Aceh agar meningkat akreditasinya. “Nah, prestasi gemilang inilah yang menjadi dasar bagi Harian Serambi Indonesia memberikan award kepada Unsyiah pada saat ulang tahunnya yang ke-31. Unsyiah memang pantas mendapatkannya,” kata Ketua Panitia Serambi Award, Bukhari M Ali.

Perjuangan Unsyiah untuk memperbaiki nilai akreditasi institusinya sudah berlangsung sejak kampus itu dinyatakan mendapat nilai akreditasi C tahun 2009. Namun, persiapan dan pengisian borang akreditasi baru dilakukan sejak 2013 setelah Rektor Samsul Rizal menunjuk tim Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unsyiah di bawah pimpinan Dr Syahrunnur Madjid, putra mantan rektor Unsyiah, Prof A Madjid Ibrahim.Nilai akreditasi A itu berlaku untuk lima tahun ke depan sejak ditetapkan tanggal 10 Juli 2015.

Prof Samsul Rizal yang ditanyai Serambi, Selasa (18/2/2020) mengatakan bahwa pada Agustus tahun ini merupakan batas akhir akreditasi A tersebut. Mampukah Unsyiah mempertahankannya? “Untuk reakreditasi berikutnya sudah disiapkan semuanya dan sudah kita kirimkan semua dokumen ke BAN-PT,” kata Samsul.

Rektor berharap, semangat untuk menjaga kualitas pelayanan akademik di Unsyiah tetap terpelihara seperti saat berjuang dulu untuk mendapatkan nilai A. Menurutnya, civitas akademika Unsyiah punya kompetensi beragam dan sangat luar biasa. “Jika kita semua selalu bersinergi untuk mencapai visi yang sama, insyaallah tak ada yang tidak mungkin kita capai,” ujar Samsul bersemangat.(*)

Editor: Hari Teguh Patria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved