Breaking News:

Serambi Award 2020

Banda Aceh Hadirkan Layanan Prima

Lewat pelayanan secara smart, ceria, dan Prima, Amin-Zainal ingin mewujudkan Banda Aceh Kota Gemilang dan rakyatnya bahagia.,,,.

SERAMBI/BUDI FATRIA
Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur bersama Pemimpin Perusahaan Mohd Din (tengah), menyerahkan sertifikat Serambi Award bidang Inovasi Pelayanan Publik untuk Pemko Banda Aceh yang diterima Sekda ?Ir Bahagia Dipl SE, di Hermes Palace Hotel, Jumat (28/2/2020). SERAMBI/BUDI FATRIA 

 Banda Aceh Hadirkan Layanan Prima

Pemko Banda Aceh meraih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

PEMERINTAH Kota (Pemko) Banda Aceh terus bertekad melahirkan berbagai program untuk memberikan kemudahan kepada warganya untuk mendapatkan berbagai layanan, baik perizinan maupun nonperizinan. Sebagai Ibu Kota Provinsi Aceh, Pemko Banda Aceh ingin agar program-program yang diteluarkan menjadi contoh bagi kabupatan/ kota lain di Tanah Rencong.

Salah satu program yang dilahirkan Pemerintahan H Aminullah Usman SE.Ak MM dan Drs H Zainal Arifin adalah Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dipusatkan di Lantai III Pusat Perbelanjaan Pasar Aceh Baru. Pembangunan MPP ini adalah upaya Pemko Banda Aceh untuk memberikan kemudahan bagi warganya untuk mengurus berbagai keperluan, mulai dari perizinan, nonperizinan, administrasi kependudukan, maupun suratsurat penting lainnya.

Lewat pelayanan secara smart, ceria, dan Prima, Amin-Zainal ingin mewujudkan Banda Aceh Kota Gemilang dan rakyatnya bahagia. MPP dirancang oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sebagai bagian dari perbaikan menyeluruh dan transformasi tata kelola pelayanan publik.

MPP merupakan penggabungan berbagai jenis pelayanan publik pada satu tempat penyederhanaan dan prosedur serta integritas pelayanan. Pelayanan pada MPP untuk memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan berbagai jenis pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik.

Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur bersama Pemimpin Perusahaan Mohd Din (tengah), menyerahkan sertifikat Serambi Award bidang Inovasi Pelayanan Publik untuk Pemko Banda Aceh yang diterima Sekda ?Ir Bahagia Dipl SE, di Hermes Palace Hotel, Jumat (28/2/2020). SERAMBI/BUDI FATRIA
Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur bersama Pemimpin Perusahaan Mohd Din (tengah), menyerahkan sertifikat Serambi Award bidang Inovasi Pelayanan Publik untuk Pemko Banda Aceh yang diterima Sekda ?Ir Bahagia Dipl SE, di Hermes Palace Hotel, Jumat (28/2/2020). SERAMBI/BUDI FATRIA (SERAMBI/BUDI FATRIA)

Banda Aceh merupakan satu dari 14 kabupaten/kota di Indonesia yang ditunjuk Kemenpan-RB sebagai pilot project MPP. Setelah diresmikan nanti, MPP Banda Aceh akan menjadi MPP ke empat di Sumatera setelah Padang, Pekanbaru, dan Batam.

Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE.Ak MM menyatakan layanan yang ada di MPP Banda Aceh mulai dari layanan perizinan berusaha dan nonberusaha, KTP, KK, PBB, perpanjangan SIM, STNK, SKCK, Paspor, e-Tilang, layanan perbankan. Selain itu juga ada layanan administrasi nikah, pembayaran rekening listrik, air, telepon, pengiriman barang, perpajakan, sertifi kat tanah, layanan informasi dan pengaduan dan lain-lain.

MPP Banda Aceh menyediakan 29 konter layanan lain dan fasilitas lain seperti information center, ruang bermain anak, ruang laktasi, fasilitas disabilitas, layanan mandiri, pojok baca, gallery charge, tempat parkir (basement dan rooftop), hingga pelaminan dan mushalla.

Terobosan ini dilakukan Pemko untuk memberikan kemudahan kepada warga kota. Dan masyarakat bisa mengurus semua keperluan perizinan dalam satu lokasi dan tanpa menunggu waktu lama. MPP Kota Banda Aceh sudah disoft launching oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Prof Dr Diah Natalisa MBA, Selasa 3 Desember 2019.

Selain itu ada juga Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Noviana Andrina dan mantan Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar, para asisten, kepala dinas, anggota DPRK, dan unsur forkopimda serta perwakilan instansi lainnya.

Halaman
12
Editor: Hari Teguh Patria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved