Serambi Award 2020

MPP Pertama di Aceh

“Banyak sekali yang menyampaikan apresiasi kepada saya secara pribadi, karena layanan yang diberikan cepat”. MUKHLIS, Kadis DPMPTSP Banda Aceh

MPP Pertama di Aceh
For Serambi Indonesia /file
MUKHLIS, Kadis DPMPTSP Banda Aceh

KEPALA Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banda Aceh, Mukhlis menyampaikan, saat ini layanan publik di MPP sudah efektif berjalan. Ada sejumlah instansi yang melayani kebutuhan masyarakat di tempat tersebut, baik itu instansi vertikal maupun internal dari Pemko Banda Aceh.

Dikatakan, Banda Aceh merupakan satu dari 14 kabupaten/kota di Indonesia yang ditunjuk KemenpanRB sebagai pilot project MPP. Setelah diresmikan nanti, MPP Banda Aceh akan menjadi MPP pertama di Aceh dan ke empat di Sumatera setelah Padang, Pekanbaru, dan Batam.

Ia merincikan, sejumlah instansi yang memberikan layanan publik, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang melayani pembuatan e-KTP, Samsat melayani perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), Badan Pertanahan Nasional (BPN) melayani terkait pertanahan, Baitul Mal yang juga membuka layanan di MPP agar lebih memudahkan masyarakat dalam penyerahan zakat, serta juga ada instansi terkait dengan pajak.

Pemko Banda Aceh meraih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

“Selain layanan tersebut, masyarakat juga bisa melakukan pembayaran listrik di MPP sehingga waktunya bisa lebih efektif. Sebab sekali datang, bisa terlayani beberapa kebutuhan yang lainnya,” kata Mukhlis.

Ia menyebutkan, apabila ada yang melakukan pengurusan e-KTP, maka satu hari bisa selesai. Namun, apabila blangko e-KTP nya kosong maka akan dikeluarkan surat keterangan sementara.

Banda Aceh Hadirkan Layanan Prima

“Banyak sekali yang menyampaikan apresiasi kepada saya secara pribadi, karena layanan yang diberikan cepat seperti di Samsat paling lama 10 menit. Apabila di kantornya agak ramai dan jauh apabila masyarakat langsung ke kantornya, namun dengan kehadirannya di MPP maka lebih memudahkan masyarakat,” sebutnya.

Mukhlis mengatakan, layanan di MPP dilakukan setiap hari kerja dari Senin- Jumat. Untuk pagi hari pelayanan dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB, kemudian istirahat lalu buka kembali pukul 14.00-15.30 WIB.

MPP Banda Aceh yang berada di Kompleks Pasar Aceh ini juga akan memberikan dampak positif bagi para pedagang yang berjualan di sana. Tentu dengan kehadiran MPP, diharapkan akan semakin ramai yang berbelanja di Pasar Atjeh, sehingga berimbas pada peningkatan perekonomian kota.(***)

Editor: Hari Teguh Patria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved