Breaking News:

Serambi Award 2020

TP PKK Aceh, Inspirator Rumah Gizi

TP-PKK Aceh gencar mensosialisasikan akan pentingnya keberadaan Rumah Gizi di gampong-gampong. Rumah Gizi gampong- gampong,,,,...

serambinews.com/Budi Fatria
Pemimpin Perusahan Serambi Indonesia, Mohd. Din bersama Pemimpin Redaksi, Zainal Arifin M Nur menyerahkan serifikat Serambi Award 2020 kepada Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati 

TP PKK Aceh, Inspirator Rumah Gizi

Plakat Serambi Award 2020
Plakat Serambi Award 2020 (serambinews.com)

 TIM Peggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Aceh, saat ini tengah gencar-gencarnya mendorong pembentukan Rumah Gizi Gampong. Di bawah kepemimpinan Dr Dyah Erti Idawati, TP-PKK Aceh gencar mensosialisasikan akan pentingnya keberadaan Rumah Gizi di gampong-gampong. Rumah Gizi Gampong. Di bawah kepemimpinan Dr Dyah Erti Idawati, TP-PKK Aceh gencar mensosialisasikan akan pentingnya keberadaan Rumah Gizi di gampong-gampong. Rumah Gizi gampong- gampong.

Di bawah kepemimpinan Dr Dyah Erti Idawati, TP-PKK Aceh gencar mensosialisasikan akan pentingnya keberadaan Rumah Gizi di gampong-gampong. Rumah Gizi gampong- gampong.
Di bawah kepemimpinan Dr Dyah Erti Idawati, TP-PKK Aceh gencar mensosialisasikan akan pentingnya keberadaan Rumah Gizi di gampong-gampong. Rumah Gizi gampong- gampong. (For Serambinews.com)

Rumah Gizi merupakan tempat penyediaan makanan bergizi untuk anak-anak dan ibu hamil sebagai upaya pencegahan stunting. Pelaksanaan Rumah Gizi merupakan amanat Peraturan Gubernur Aceh Nomor 14 tahun 2019 tentang Pencegahan Stunting.

Riset Kesehatan Dasar 2018, angka stunting di Aceh mencapai 30,8%. Ini berarti satu dari tiga anak di Aceh mengalami gangguan pertumbuhan. Efek stunting ini tidak hanya berpengaruh pada pertumbuhan fisik, tapi juga berpengaruh pada kemampuan kerja otak anak.

Tingginya angka stunting ini disebabkan minimnya kepedulian masyarakat Aceh terhadap makanan bergizi. Karena itulah, TP-PKK Aceh bersinergi dengan Pemerintah Aceh dalam menurunkan jumlah anak balita yang mengalami Stunting.

Rumah Gizi Gampong pertama diluncurkan di Desa Bandar Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, pada 12 Juli 2019 lalu. Peresmiannya dilakukan langsung oleh Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati.

Selain di Bener Meriah, Dyah juga meresmikan sejumlah rumah gizi lainnya, seperti di Gampong Seuneubok Panton, Kecamatan Darul Fallah, Aceh Timur, dan Rumah Gizi di Gampong Lapang Kecamatan Johan Pahlawan. Dyah Erti Idawati menargetkan sosialisasi massif penurunan stunting pada tahun 2020 ini, sehingga Rumah Gizi ada di setiap desa. Karena itu, ia meminta kepada seluruh Ketua TP-PKK kabupaten/ kota agar ikut menggerakkan pembangunan Rumah Gizi Gampong setiap desa di daerahnya masing-masing.

Masalah Gizi di Aceh
Masalah Gizi di Aceh (serambinews.com)

Semangat dari pembentukan Rumah Gizi Gampong ini adalah untuk memantik seluruh elemen masyarakat di tingkat gampong agar secara mandiri melakukan upaya-upaya yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan stunting secara mandiri.

Dyah memang memberi perhatian tinggi terhadap persoalan gizi anak. Selain Rumah Gizi, TP-PKK Aceh juga mencanangkan program 'Isi Piringku', yakni sebuah gerakan konsumsi makanan mengandung karbohidrat dan protein yang tertera dalam tempat makan. 

Dyah juga mengajak para orangtua agar memprioritaskan pemberian makanan bergizi kepada anak-anak berusia balita. Dia juga meminta ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bergizi, sebab perkembangan otak anak sudah dimulai sejak dalam kandungan.

Selain mengampanyekan Rumah Gizi Gampong, Dyah melalui TP-PKK Aceh juga gencar mengampanyekan gerakan makan ikan, dan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Ketiga program ini berkaitan erat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Ia berharap semua pihak berkolaborasi menyukseskan program perbaikan gizi dan anak yang tengah berjalan saat ini. Dyah meyakini, kolaborasi semua pihak akan berimbas positif terhadap upaya perbaikan gizi anak-anak di Aceh. (*)

Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved