Breaking News:

Salam

Kesolidan Ulama dengan Umara Tenangkan Umat  

Dalam pekan ini semua elemen masyarakat Aceh terlibat aktif dalam upaya mencegah masuknya virus Corona ke wilayah provinsi

DOK DPRK BANDA ACEH
Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar bersama anggota dewan lain melakukan pemantauan kesiapan terminal dalam menghadapi penyebaran wabah virus corona, Selasa (17/3/2020). 

Dalam pekan ini semua elemen masyarakat Aceh terlibat aktif dalam upaya mencegah masuknya virus Corona ke wilayah provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini. Para ulama, pimpinan dayah serta santrinya, pemerintah dari level provinsi hingga kabupaten/kota semua merperan sesuai kapasitasnya.

Sikap siap siaga penuh dalam upaya melindungi masyarakat dari serang wabah Corona membuat masyarakat merasa tenang, Ulama dan umara secara solid sudah hadir secara maksimal untuk membimbing masyarakat agar tercegah dari infeksi penyakit menakutkan itu.

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh secara khusus dua hari lalu membuat taushiyah tentang penangkalan dan pencegahan wabah penyakit sebagai berikut, "1. Mengajak Masyarakat agar bertaubat, bertawakkal, bersabar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta berdoa agar terhindar dari segala wabah penyakit. 2. Tetap melaksanakan ibadah, shalat berjama'ah di masjid dan meunasah serta membaca Qunut Nazilah setiap waktu shalat dan shalat jum'at.

3. Membiasakan pengamalan sunnah Rasul dengan senantiasa menjaga wudhu' dan kebersihan diri dan lingkungan. 4. Senantiasa mengonsumsi makanan dan minuman halaalan thayyiban.

5. Meminta kepada Pemerintah Aceh dan Kabupaten/Kota untuk memfasilitasi pelaksanaan sterilisasi tempat‑tempat ibadah dan fasilitas umum. 6. Meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang, waspada dan tidak perlu menyikapi secara berlebihan serta mengikuti arahan‑arahan Pemerintah. 7. Meminta kepada orang tua/wali untuk membimbing dan mengawasi anak‑anak di lingkungan keluarga dan masyarakat".

 Sebagai muslim, selain berlindung kepada Allah, tentunya kita juga harus berikhtiar dengan melakukan usaha‑usaha pencegahan agar virus ini tidak menular kepada diri kita atau kepada orang‑orang yang kita sayangi. Ikhtiar ini bisa dilakukan dalam skala individu maupun skala berjamaah.Ikhtiar dalam skala individu dilakukan dengan mengikuti cara‑cara yang dianjurkan oleh para ahli dalam bidang ini, seperti rutin menjaga kesehatan, rutin mencuci tangan, rutin memakan dari makanan‑makanan yang baik, rutin memakai masker dikeramaian, serta menghindari keluar rumah dan berkumpul di tempat keramaian bila tidak diperlukan.Adapun ikhtiar dalam skala berjamaah, maka bisa dilakukan dengan cara melakukan pencegahan‑pencegahan agar virus ini tidak merambah ke skala yang lebih luas lagi seperti melakukan isolasi kepada mereka‑mereka yang terkena virus atau mereka yang tercurigai terkena virus. Dan ikhtiar ini hendaklah dilakukan oleh pihak‑pihak yang berwenang, yakni pemerintah dan jajarannya.Sekali lagi, kita sebagai masyarakat sangat mengapresiasi kebersamaan ulama dan umara Aceh dalam upaya mencegah wabah penyakit. Dan, semoga kita semua terlindungi serangan virus Corona dan penyakit‑penyakit lainnya.

Dan hingga kini kita sangat bersyukur sebagai muslim masih bias shalat berjamaan di masjid‑masjid dan meunasah‑meunasah. Sebab, di banyak Negara, kaum muslim kita tidak mengadakan lagi shalat berjamaah di masjid atau rumah ibadah. Tajikstan, misalnya, mewajibkan umat Islam di negaranya untuk beribadah di rumah. Meskipun sejauh ini, Tajikstan belum melaporkan adanya kasus Corona, namun mereka juga sudah memutuskan untuk meniadakan ibadah Jumat bagi umat Muslim.

Negara‑negara lain seperti Iran juga sudah mengumumkan untuk sementara meniadakan shalat  Jumat. Arab Saudi  pada pekan lalu hanya membolehkan shalat Jumat selama 15 menit di Masjidil Haram, Jadi, kita bersyukur sejauh ini masih bisa shalat Jumat di masjid‑masjid, dengan catatan masjid tidak boleh menggelar hambal atau karpet, Kalau mau silakan bawa sendiri, tidak untuk dipakai bersama.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved