Breaking News:

Dulu Gara-gara Perang Dunia, Kini Olimpiade 2020 Tokyo Ditunda Karena Virus Corona

"Saya mengusulkan untuk menunda sekitar satu tahun dan Presiden (IOC Thomas) Bach merespons dengan persetujuan 100%," kata PM Jepang Shinzo Abe

Editor: Muhammad Hadi
Mobile Mosque Executive Committee via AP
Masjid berjalan yang dipersiapkan Jepang untuk Olimpiade Tokyo 2020. 

SERAMBINEWS.COM - Olimpiade pernah mengalami boikot politik (Moskow 1980) dan aksi terorisme (Munich 1972), tetapi hanya batal gara-gara perang dunia pecah, Berlin 1916, Tokyo 1940, dan London 1944.

Kini, Olimpiade Tokyo 2020 juga tertunda gara-gara perang dunia. Tapi, perang dunia melawan pandemi virus corona baru yang sudah membunuh lebih dari 16.500 orang secara global. 

Perdana Menteri Jepang dan Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) sepakat untuk menunda Olimpiade Tokyo 2020 selama setahun menjadi 2021 akibat pademi virus corona baru.

Langkah luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya di masa damai. Memang, saat ini dunia sedang dalam kondisi perang, tetapi memerangi virus yang sudah menginfeksi lebih dari 377.300 orang.

"Saya mengusulkan untuk menunda sekitar satu tahun dan Presiden (IOC Thomas) Bach merespons dengan persetujuan 100%," kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Selasa (24/3/2020) seperti dikutip Channelnewsasia.com.

Anggota DPRK Banda Aceh Minta Perbankan Sediakan Hand Sanitizer di Mesin ATM

Langkah ini jadi pukulan telak bagi Tokyo yang telah memenangkan pujian luas untuk organisasi Olimpiadenya, dengan tempat-tempat pertandingan selesai jauh sebelumnya dan banyak yang membeli tiket terusan.

IOC mendapat tekanan yang semakin meningkat beberapa hari terakhir untuk menunda Olimpiade.

Rencananya Olimpiade berlangsung mulai 24 Juli, dengan 1,7 miliar orang di seluruh dunia terkunci untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pelatihan menjadi tidak mungkin bagi banyak atlet dan membuat mereka terekspos pada risiko tertular atau menyebarkan penyakit.

Kualifikasi Olimpiade juga dibatalkan, sementara perjalanan internasional sangat terbatas.

Batuk Biasa Atau Flu Ternyata Mirip dengan Gejala Covid-19, Pahami Perbedaannya

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved