Rumoh Umat Galang Bantuan untuk Paramedis

Lembaga filantropi Rumoh Umat Indonesia (RUI) mulai menggalang donasi untuk membantu paramedis yang bertugas di rumah sakit

IST
Lembaga filantropi Rumoh Umat Indonesia (RUI) mulai menggalang donasi untuk membantu paramedis yang bertugas di rumah sakit dan puskesmas yang menangani Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Aceh 

* Gandeng MPU Aceh dan Serambi Indonesia

BANDA ACEH - Lembaga filantropi Rumoh Umat Indonesia (RUI) mulai menggalang donasi untuk membantu paramedis yang bertugas di rumah sakit dan puskesmas yang menangani Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Aceh. Penggalangan bantuan dengan tagar #DonasiAcehPeduliCovid-19 ini dilakukan Rumoh Umat bersama Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh dan Harian Serambi Indonesia.

Ketua RUI, Tgk Mustafa Husen Woyla kepada Serambi Minggu (29/3/2020) mengatakan, penggalangan bantuan ini merupakan upaya nyata RUI bersama MPU Aceh dan Serambi Indonesia, untuk membantu meringankan beban yang dihadapi paramedis. Bukan hanya di rumah sakit rujukan pasien Covid-19, tapi juga di puskesmas-puskesmas yang merawat ODP.

"Berdasarkan info di laman Covid19.go.id, Aceh salah satu provinsi pada tahap yang memprihatinkan terkait penyebaran pandemi corona/Covid-19. Oleh sebab itu kita perlu adanya gerakan sosial dan kemanusiaan 'bersatu tolong menolong lawan Covid-19'," kata Mustafa Husen.

Mustafa juga menyerukan semua pihak untuk menghentikan aksi saling tuding dan mencari-cari kesalahan para pihak. "Mari kita saling bahu membahu dana atau apa saja yang mampu kita lakukan, untuk pencegahan penyebaran virus yang telah mengancam nyawa seluruh manusia di berbagai negara dan benua," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan pihaknya, kata Mustafa, saat ini paramedis di Aceh mengalami kesulitan untuk memperoleh Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, hand sanitizer, alat penyemprot, dan lain-lain. "Kita juga ingin membantu pangan atau asupan gizi untuk paramedis yang sedang berjuang di garis depan perang melawan corona," ujar Tgk Mustafa.

Ia menyebutkan, donasi bisa dikirimkan dengan mengklik link https://www.rumohumat.org/donasi/bantu-donasi-aceh-peduli-covid-19/, atau melalui Rek Giro BNI Syariah | Kode Bank 009 | 1000005546 | A.N Lembaga Donasi Umat, dengan Berita Pengiriman: Donasi Aceh Peduli Covid-19.

Konfirmasi;

Ketua RUI, Tgk Mustafa Woyla 0852 7714-9334 | Sekjen Tgk Balia 08116884714

"Insya Allah dengan adanya donasi untuk APD baik untuk medis, Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan masyarakat umum yang belum terinfeksi maka akan lebih mudah didapatkan jika diperlukan," kata Mustafa Husen.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk Faisal Ali menyerukan kepada masyarakat Aceh untuk bahu membahu melawan Covid-19. Salah satunya dengan cara bersedekah membantu orang-orang yang membutuhkan, terutama para tenaga medis yang berjuang di garis depan.

"Salah satu yang harus dilakukan  oleh semua kita dalam membagi rasa kepada saudara yang sangat membutuhkan dan upaya menghindari bala pada diri, keluarga, dan masyarakat adalah dengan bersedekah semampu kita," kata Tgk Faisal Ali.

Pimpinan Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah Sibreh ini menuturkan, setiap sedekah mampu menciptakan banyak peluang kebaikan. "Perjalanan hidup kita senantiasa dihiasi oleh kebaikan sedekah. Sedekah menyembuhkan penyakit karena energi kebaikan sedekah mendatangkan kasih sayang Rab," ujarnya seraya mengutip Hadis yang diriwayatkan oleh Tirmizi.

"Obatilah orang-orang sakit dari kalian dengan sedekah, sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk".

"Perbanyaklah sedekah dan doa, Insya Allah semuanya segera berlalu," ungkap Tgk H Faisal Ali yang akrab disapa Abu Sibreh ini.(nal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved