Wali Kota Instruksikan Perkuat Pageu Gampong

Setelah dua warga Banda Aceh dinya­takan positif terinfeksi Co­rona Virus Disease 2019 (Covid-19), Wali Kota Banda Aceh Aminullah mengin­struksikan

Wali Kota Instruksikan Perkuat Pageu Gampong
IST
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman

* Cegah Covid-19 dari Tamu Masuk

BANDA ACEH - Setelah dua warga Banda Aceh dinya­takan positif terinfeksi Co­rona Virus Disease 2019 (Covid-19), Wali Kota Banda Aceh Aminullah mengin­struksikan seluruh wilayah kota untuk memperkuat Pa­geu Gampong.

Hal tersebut untuk men­gantisipasi masuknya virus Corona via tamu atau orang dari luar kota. “Perkuat Pageu Gampong yang terdiri dari unsur pemuda, aparatur, dan segenap elemen gampong. Setiap tamu yang masuk, pastikan riwayat perjalanan­nya jelas. Dan benar-benar dicek kondisi kesehatan yang bersangkutan,” katanya lagi.

Aminullah mengharap­kan masyarakat bekerjasa­ma dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang sudah menja­di pandemi ini. “Sebagian kawasan telah kita lokalisir seperti di Kecamatan Kuta Raja -tidak ada yang boleh keluar masuk- kecuali yang mendapat izin petugas di lapangan,” katanya.

“Saya mohon semua warga untuk tetap di rumah sampai kondisi ini bisa kita kendalikan. Virus ini akan melemah dan mati jika tidak mendapatkan inang baru,” kata Aminullah usai meman­tau kawasan Lampaseh Kota, Sabtu (28/3/2020).

Menurutnya, pemerintah kini tengah melakukan upa­ya semaksimal mungkin agar virus itu tidak menyebar leb­ih luas. “Warga saya minta melakukan karantina mandi­ri di rumah masing-masing sembari tetap menjaga jarak fisik antar sesama.”

Hal tersebut untuk memudahkan identifikasi jika ada lagi warga yang sudah terjan­gkit untuk ditangani lebih lan­jut. “Jika dalam 14 hari yang menjadi masa inkubasi virus, tidak ada warga lain yang sakit, berarti aman,” katanya.

Di samping itu, pemerin­tah akan segera melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi sekitar kediaman pasien positif Corona guna memastikan kawasan terse­but steril. “Camat bersama unsur Muspika dan Puskes­mas akan berkoordinasi den­gan BPBD untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” katanya lagi.

Diberitakan Jumat (27/3/2020), bertambah tiga lagi pasien positif coro­na di Aceh, dan dua di an­taranya warga Banda Aceh yang kini sudah dirawat kembali di RSUZA (sebelum­nya sempat diperbolehkan pulang sebelum hasil lab ke luar). Total sudah ter­data empat pasien positif Covid-19 di Aceh.(hba/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved