Breaking News:

Supermoon

Tahun ini Terjadi Empat Kali Supermoon, Lihat Tanggalnya

Supermoon merupakan sebuah istilah untuk peristiwa bulan purnama yang bersamaan dengan posisi bulan terdekat dengan bumi.

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Taufik Hidayat
AFP PHOTO / ARIS MESSINIS
Bulan purnama naik di sebelah kuil Yunani kuno Poseidon di Cape Sounion, sekitar 65 kilometer selatan Athena, 23 Juni 2013. Bulan yang akan mencapai tahap penuh pada Minggu, 14 persen lebih dekat ke bumi dan dikenal sebagai fenomena supermoon. 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Dosen Ilmu Falak Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah  IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail menjelaskan, Supermoon merupakan sebuah istilah untuk peristiwa bulan purnama yang bersamaan dengan posisi bulan terdekat dengan bumi.

Dinamakan terdekat dengan bumi, bila jarak bulan lebih dekat dari 363.104 kilometer.

"Sedangkan bulan purnama adalah suatu peristiwa yang menarik untuk diamati, selain cahaya bulan yang indah menerangi malam, permukaan bulan pun terlihat cantik dengan penampakan permukaan yang sempurna," katanya.

Berikutnya, sebagai satelit bumi, bulan selalu mengintari bumi dengan bentuk orbit yang lonjong (elip) dengan waktu tempuh dalam satu kali orbit (sinodis) 29 hari 12 jam 44 menit 43 detik.

Bentuk orbit bulan yang lonjong mengakibatkan dalam perjalanannya ada saat dimana posisi bulan jauh dengan bumi (apoge) dengan jarak 405.969 kilometer.

Bila posisi bulan saat purnama lebih jauh dari 405.965 kilometer disebut dengan mikromoon. Saat bulat dekat dengan bumi (perige), yakni lebih dekat dari 363.104 kilometer, maka disebut dengan Supermoon.

"Sedangkan Jarak rata-rata bumi ke bulan adalah 384.400 kilometer," papar Tgk Ismail.

Jadi, berdasarkan kajian pihaknya, ada empat peristiwa supermoon yang terjadi dalam tahun 2020.

Rinciannya:

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved