Lompong Sagu, Dulu Primadona, Kini Hampir Tak Dilirik

Lompong sagu merupakan warisan kuliner tradisional yang sangat melegenda bagi masyarakat wilayah Singkil (Aceh Singkil dan Kota Subulussalam)

Lompong Sagu, Dulu Primadona, Kini Hampir Tak Dilirik
IST
WANHAR LINGGA, S.Pd., Pegiat Wisata Aceh Singkil dan Anggota Forum Aceh Menulis (FAMe), melaporkan dari Danau Bungara, Singkil

OLEH WANHAR LINGGA, S.Pd., Pegiat Wisata Aceh Singkil dan Anggota Forum Aceh Menulis (FAMe), melaporkan dari Danau Bungara, Singkil

Lompong, lompong sagu taboh khasana, imbang kupi adoh taboh na

(Lompong, lompong sagu lezat rasanya, ditemani kopi sangatlah enak)

Itulah sepenggal lirik lagu Lompong Sagu dalam bahasa Singkil yang sangat populer pada eranya.

Lompong sagu merupakan warisan kuliner tradisional yang sangat melegenda bagi masyarakat wilayah Singkil  (Aceh Singkil dan Kota Subulussalam) maupun bagi masyarakat Minang di Sumatera Barat.

Panganan ini begitu populer pada era 1950-1970-an di Singkil. Sampai-sampai penyanyi senior Singkil pada masa itu, Ali Sagala, menciptakan lagu berjudul Lompong Sagu.

Untuk memasak kudapan yang murah meriah ini terbilang sangat mudah. Bahan bakunya tepung sagu (bisa sagu dari pohon rumbia, bisa pula sagu lamun-lamun) yang dicampur air, gula, dan garam lalu, dibakar seperti orang membakar pulut panggang.

Untuk mendapatkan citarasa yang lebih enak, lompong bisa juga dicampur dengan pisang kepok/raja/sitawar yang ranum, dicampur kelapa parut, dan ditambahkan minyak pisang sehingga lebih lezat, gurih, dan wangi.

Setelah diaduk sampai rata  seterusnya  dibalut dengan daun pisang. Lompong sagu kemudian dipanggang,  menggunakan sabut kelapa hingga memiliki aroma khas dari sisa pemanggangan.

Setelah dipanggang tunggu beberapa saat lompong sagu matang dan warna daun pisang di beberapa titik berubah menjadi kecokelatan. Setelah itu, lompong sagu siap untuk disantap. Nah, sangat sederhana bukan?

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved