Eksekusi Cambuk

29 Orang Dieksekusi Cambuk di Halaman Belakang Islamic Center Aceh Tamiang

Eksekusi cambuk dilakukan terhadap 29 orang. Jaksa menyebut jumlah ini mengalami lonjakan drastis dari tahun lalu yang hanya 12 orang.

SERAMBINEWS.COM/ RAHMAD WIGUNA
Erl alias Wat bersujud usai menjalani eksekusi cambukan 200 kali di Islamic Center Aceh Tamiang, Jumat (10/4/2020). IRT ini dinyatakan bersalah melakukan perzinahan dengan dua pria. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Pelaksanaan eksekusi cambuk terhadap 29 orang di Aceh Tamiang sedikit berbeda, Jumat (10/4/2020).

Eksekusi yang biasanya dilangsungkan di halaman depan Islamic Center menggunakan panggung dan disaksikan masyarakat dan pelajar, kali ini dipindahkan ke halaman belakang tanpa disesaki undangan.

Kadis Syariat Islam Aceh Tamiang, Syamsul Rizal menjelaskan perbedaan ini berkaitan denagan imbuan pemerintah tentang social distancing terkait pencegahan wabah virus Corona.

Pihaknya sengaja menggeser eksekusi ke lokasi yang lebih tertutup untuk menghindari perhatian warga.
“Tujuannya memang untuk mengindari keramaian, jadi social distancing tetap terjaga,” kata Syamsul.

Awalnya kata dia pelaksanaan eksekusi sempat akan diundur. Namun karena mempertimbangkan azas keadilan dan hak terhukum, pihaknya terus berkoordinasi dengan polisi dan jaksa untuk mencari solusi pelaksanaan cambuk.

“Kemudian disepakati eksekusi dilakukan tanpa dihadiri banyak orang, jadi kekhawatiran terjadinya kerumunan bisa dihindari,” jelasnya.

Pada tahap pertama ini, eksekusi cambuk dilakukan terhadap 29 orang. Jaksa menyebut jumlah ini mengalami lonjakan drastis dari tahun lalu yang hanya 12 orang.

"Tahun ini tejadi peningkatan yang cukup drastis. Bila tahun lalu hanya 12 orang, tahun ini pada periode yang sama sudah mencapai 29 orang," kata Kasi Pidum Kejari Aceh Tamiang Roby Syahputra.

Mirisnya kata dia, jumlah saat ini sudah melampaui separuh jumlah pelaku yang dieksekusi sepanjang 2019. Tahun lalu keseluruhan terpidana yang dieksekusi cambuk 54 orang.

"Bila dibandingkan tahun lalu, pelaku yang akan dieksekusi tahun ini sudah lebih dari separuh terpidana sepanjang tahun lalu. Ini menjadi perhatian serius kami," tukasnya.(*)

Viral Lagu Virus Corona dari Bimbo Dirilis 30 Tahun Lalu, Ini Fakta dan Liriknya

Khawatir Terinfeksi Corona, Seorang Pria Nekat Tembak Mati Istrinya, Begini Nasib Sang Suami Kini

Viral, Seorang Nenek Menolak Pemberian Sembako untuk Diberi Ke yang Lebih Membutuhkan

Bek Tengah Persiraja Ganjar Mukti: Ada Hikmah Dibalik Covid-19

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved