Breaking News:

Update Corona di Langsa

Wawako Langsa Sosialisasikan Physical Distancing

Physical distancing dalam suasana pandemi covid-19 ini bertujuan untuk mencegah agar virus tidak semakin menyebar luas dan menginfeksi warga.

Foto Kiriman Fathur Ajd
Wawako Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, saat menyampaikan hal-hal terkait pencegahan covid-19 usai shalat magrib di Mashid Kuba Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama. 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Wakil Wali Kota Langsa  Dr H Marzuki Hamid MM, Minggu (12/04/2020) ikut menjadi jamaah shalat Ashar dan Magrib di Masjid Kuba Gampong Sidorejo dan Masjid Darussalam Gampong Baroh, di Kecamatan Langsa Lama

Wawako sengaja datang ke dua masjid itu bersama Muspida setempat, untuk mensosialisasi physical distancing (jaga jarak) yang kini diterapkan di seluruh Indonesia, tak terkecuali Kota Langsa dan umumnya  Provinsi Aceh. 

Selain physical distancing, Marzuki Hamid juga menyampaikan imbau-imbauan pemerintah lainnya, sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi coronavirus diases 2019 (covid-19) kepada masyarakat. 

Bahkan saat itu dirinya mengajak langsung jamaah di kedua masjid itu, untuk langsung menerapkan jarak 1 meter atau pola physical distancing pafa saf shalat lima waktu tersebut.

Hal ini menindaklanjuti putusan Majelis Permusyawartan Ulama (MPU) Aceh Nomor 4 tahun 2020, tentang pelaksanaan ibadah dan kegiatan sosial keagamaan dalam kondisi darurat.

"Mari kita mngikuti produser medis dan protokol kesehatan, seperti menerapkan pola physical distancing di setiap shalat jamaah lima waktu di masjid, sesuai dengan instruksi pemerintah dan MPU," ujarnya.

Menurut Marzuki Hamid, pola physical distancing dalam suana pandemi darurat covid-19 ini bertujuan untuk kemaslahatan semuanya, guna mengantisipasi dan memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 yang sampai sekarang belum ada obatnya ini.

"Penyebaran covid-19 ini begitu cepat, sehingga wajib dilakujan langkah-langkah pencegahan dan antisipasi agar virus tidak semakin menyebar luas dan menginfeksi masyarakat," jelasnya.

Selain itu, Wawako mengharapkan para jamaah shalat lima waktu di masjid maupun masyarakat agar memakai masker saat keluar rumah, menerapkan pola hidup bersih, dan sering mencuci tangan dengan sabun termasuk saat pergi ke masjid.

Kepada seluruh keuchik di wilayah ini diintruksikan agar melaporkan kepada pihak penanggulangan covid-19 Kota Langsa ataupun pihak terkait lainnnya, apabila ada warga yang baru pulang dari luar negeri atau luar daerah pandemi atau zona merah covid-19.(*)

Jumlah ODP dan OTG di Kota Langsa Terus Menurun

Dampak Covid-19, Hotel di Aceh Timur dan Travel Rumahkan Karyawan

Alhamdulillah, Lagi Satu Pasien Positif Covid-19 Sembuh di RSUDZA Banda Aceh

PNS di Aceh Utara Jatuh ke Sungai, Temannya Lompat ke Air Membantu Agar Tak Tenggelam

Penulis: Zubir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved