Breaking News:

Pengusaha Diimbau Bayar Uang Meugang

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta para Bupati/Wali Kota agar menyerukan seluruh pengusaha di wilayahnya untuk membayar upah

www.serambitv.com
Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Roda Empat di Banda Aceh, membagi-bagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat, Jum'at (17/4/2020). 

* Kepada Para Buruh

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta para Bupati/Wali Kota agar menyerukan seluruh pengusaha di wilayahnya untuk membayar upah dan tunjangan meugang bagi para buruh atau pekerja dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1441 Hijrah, sesuai Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Nomor: M/3HK.04./III/2020 tertanggal 17 April 2020.

Seruan itu disampaikan Nova guna memberikan ketenangan kepada para pekerja di Aceh dalam menghadapi bulan puasa yang segera tiba, terlebih dalam masa darurat Covid-19 saat ini. “Surat Plt Gubernur itu sudah dikirimkan kepada seluruh Bupati/Wali Kota se-Aceh untuk segera disampaikan kepada semua perusahaan yang ada di wilayah mereka guna ditindak lanjuti,” kata Kadis Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh, Iskandar Syukri dalam keterangan tertulisnya yang diterima Serambi, Minggu (19/4/2020).

Dijelaskan, ada dua hal pokok yang tertuang dalam surat gubernur tertanggal 17 April 2020 yang dikirimkan kepada para bupati dan wali kota tersebut. Yaitu tentang Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja mengenai perlindungan pekerja/buruh dan kelangsungan usaha dalam rangka pencegahan dan penanggulangan  Covid-19, dimana pada poin 2 Nomor 4, Surat Edaran Menaker itu,dijelaskan bagi perusahaan yang melakukan pembatasan kegiatan usaha akibat kebijakan pemerintah di daerah masing-masing guna  pencegahan dan penanggulangan Covid-19, sehingga menyebabkan sebagian atau seluruh pekerja/buruh tidak masuk kerja dengan mempertimbangkan kelangsungan usaha, maka perubahan besaran maupun cara pembayaran upah  pekerja/buruh, dilakukan sesuai  dengan kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja /buruh.

Selain itu, kata Iskandar Syukri, adalah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1414 Hijriah dan surat Keputusan Gubernur Aceh, Nomor 560/1418/2019 tangal 24 Juni 2019, tentang Pemberian Tunjangan Meugang menyambut bulan puasa, bahwa setiap pengusaha wajib memberikan tunjangan meugang. Sedangkan besaran tunjangan uang meugang puasanya, sesuai degan kemampuan  keuangan perusahaan.

“Pemberian tunjangan meugang bisa dalam bentuk uang, atau barang sesuai kesepakatan antara pekerja/buruh, serikat buruh, dengan pengusaha, selambat-lambatanya dua hari sebelum masuk bulan Ramadhan,” ujar Iskandar Syukri

Kepada para pengusaha dan perusahaan yang masih beroperasi di wilayah Aceh, tambah Kadisnakermobduk, diharapkan menindak lanjuti imbauan Plt Gebernur Aceh demi ketenangan para pekerja, baik yang sedang di rumahkan maupun yang masih bekerja aktif, terutama pada masa darurat Covid-19 ini.

Ketenangan dan kenyamanan dalam masa darurat Covid-19 dan bulan ramadhan ini, ujar Iskandar Syukri, sangat diperlukan agar pekerja yang di rumahkan tidak resah dan tetap mendapat haknya, sesuai kemampuan perusahaan. “Begitu juga dengan buruh yang masih bekerja normal, merasa tetap dihargai dalam menyelamatkan kegiatan perusahaannya agar bisa terus berjalan dan berpenghasilan dalam masa pandemi Covid-19 yang tantangannya sangat berat,” pungkasnya.

Salurkan Bahan Pokok

Kepala Disnakermobduk Aceh, Iskandar Syukri menambakan, untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial sudah menyalurkan bantuan bahan kebutuhan pokok, bagi masyarakat non- penerima PKH dan BNPT. Bahan pokok itu berupa beras 10 kg, minyak goreng 2 kg, ikan sarden 4 kaleng, gula pasir 2 kg dan mi instan satu dus.

Total jumlah paket bahan pokok yang disalurkan sebanyak 61.584 paket bantuan bahan kebutuhan pokok. Dengan ada bantuan bahan pokok ini bisa membantu pedagang keliling, tukang ojek, tukang becak, sopir, kernek, UMKM, IKM nelayan, petani, peternak dan lain yang terdampak Covidd-19 dalam memenuhi kebutuhannya.

“Harapan kami juga seperti itu, perusahaan mau membantu pekerja untuk bayar upah dan tunjangan meugang puasa dalam bulan ini bagi buruh/pekerka dan karyawannya,” ujar Iskandar Syukri.(her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved