Breaking News:

Bandara CND Stop Penerbangan, Mulai 25 April hingga 1 Juni 2020         

Bandara Cut Nyak Dhien (CND) Nagan Raya dilaporkan mulai Sabtu (25/4/2020), menyetop atau menghentikan sementara penerbangan

Editor: bakri
FOTO/KOMPI 3 YON C KUALA
Mobil Water Cannon Kompi 3 Yon C Pelopor Satbrimobda Aceh di Kuala, Nagan Raya menyiram disinfektan cegah corona di Bandara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya, Sabtu (4/4/2020). 

SUKA MAKMUE -  Bandara Cut Nyak Dhien (CND) Nagan Raya dilaporkan mulai Sabtu (25/4/2020), menyetop atau menghentikan sementara penerbangan komersil/domestik. Penyetopan tersebut terkait pencegahan Covid-19 dan diberlakukan di seluruh Indonesia.

Selama ini, bandara terbesar di wilayah barat selatan Aceh tersebut melayani penerbangan maskapai Wings Air sepekan tiga kali dari sebelumnya sehari sekali. Pesawat jenis ATR dengan jumlah  penumpang 72 orang (seat) itu melayani rute dari Bandara Internasional Kualanamu, Sumatara Utara (Sumut) ke Bandara CND dan kembali lagi ke Bandara Kualanamu.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Nagan Raya, Wahidin kepada Serambi, Sabtu kemarin, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan otoritas Bandara CND Nagan Raya. Dari keterangan pihak bandara, jelas Wahidin, bahwa penerbangan yang distop sementara jenis domestik. “Namun untuk kargo tetap dilayani. Terhadap jadwal terbangnya, tentu berkoordinasi dengan bandara,” kata Kadishub.

Ia menyebutkan, pesawat komersil itu tidak terbang sementara dari 25 April hingga 1 Juni 2020 mendatang. Keputusan penghentian sementara penerbangan komersil tersebut, papar dia, berlaku di seluruh Indonesia. “Penyetopan terbang ini terkait pencegahan penyebaran Covid-19 serta menghindari mudik warga jelang Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah,” ucapnya.

Seperti diketahui, penerbangan di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, sejak April 2020 sering cancel atau dibatalkan karena minim penumpang dampak dari wabah Covid-19. Bahkan pada Rabu dan Jumat (22-24/4/2020) lalu, pesawat Wings Air juga tidak terbang.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya bekerja sama dengan Kodim 0116 dan Polres, telah mendirikan tiga posko pencegahan virus corona atau Covid-19. Posko itu didirikan di jalan nasional kawasan perbatasan antara Kabupaten Nagan Raya dengan kabipaten tetangga seperti dengan Abdya, Aceh Barat, dan Aceh Tengah.

Kadis Perhubungan Nagan Raya, Wahidin menerangkan, pada posko yang didirikan di perbatasan itu ditempatkan personel gabungan dari Dishub, TNI, Polri, Dinsos, dan Dinas Kesehatan. Petugas akan memeriksa setiap penumpang dan pengendara yang melintasi di perbatasan dalam rangka pencegahan Covid-19. “Pada tahap awal, posko akan dibuka selama 1 bulan. Ke depan, akan dievaluasi,” terangnya.

Wahidin menyebutkan, posko pencegahan Covid-19 tersebut dibuka dalam 24 jam sehari. Ia merincikan, pos pemantau virus corona itu masing-masing berada di Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Krueng Seumayam, Kecamatan Darul Makmur, dan di kawasan Kecamatan Beutong.(riz)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved