Erosi Sungai Kluet

Ketua Komisi II DPRA: Erosi Sungai Kluet Jangan Menunggu Telan Korban

Persoalan sungai Kluet ini memerlukan perhatian khusus, disamping beberapa sungai lainnya di wilayah Barat Selatan Aceh.

hand over dokumen pribadi
Ketua Komisi II DPRA, Irpannusir SE, S.Ag, M.I.Kom 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Ketua Komisi II DPRA, Irpannusir mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami masyarakat di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Kluet di Gampong Keude Padang, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan.

Pasalnya, saat ini ada dua unit rumah warga terancam amblas ke sungai akibat erosi meluas di DAS tersebut.

"Saya rasa ini harus menjadi skala prioritas Pemerintah, karena persoalan erosi di daerah aliran sungai Kluet ini sudah berlangsung lama dan sudah belasan rumah warga yang sebelumnya juga terpaksa dibongkar," paparnyakepada Serambinews.com, Sabtu (2/5/2020).

Menurutnya, persoalan sungai Kluet ini memerlukan perhatian khusus, disamping beberapa sungai lainnya di wilayah Barat Selatan Aceh.

"Yang beginilah yang harus selalu menjadi prioritas Pemerintah, jangan harus menunggu menelan korban baik rumah penduduk maupun nyawa baru kemudian di perbaiki," paparnya.

Apa lagi, lanjut Irpannusir, kata Kalak BPBD Aceh Selatan keadaan ini sudah berlangsung lama, jika ini masuk domain Provinsi, apakah Provinsi tidak tahu kondisi begini atau tidak mau tahu.

"Jangan proyek - proyek yang seharusnya tidak mendatangkan manfaat bagi masyarakat malah menjadi prioritas," paparnya.

Apa lagi di wilayah Barat Selatan Aceh ini, kata Irpannusir banyak sekali yang masih memerlukan tanggul penahan tebing dan juga tanggul pemecah ombak. Dia mencontohkan kondisi yang sama juga terjadi di Subulussalam.

"Belum lagi di Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Abdya yang ombaknya memecah di atas dapur masyarakat," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Taufik Zass
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved