Breaking News:

Presiden AS Donald Trump Mengaku Senang Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Masih Hidup

Presiden AS Donald Trump mengaku bersyukur dan senang setelah Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un muncul kembali ke hadapan publik.

Editor: Faisal Zamzami
AFP / SAUL LOEB
Presiden AS Donald Trump (kanan) saat bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura, 12 Juni 2018 lalu. (AFP / SAUL LOEB) 

SERAMBINEWS.COM, WASHINGTON DC - Presiden AS Donald Trump mengaku bersyukur dan senang setelah Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un muncul kembali ke hadapan publik.

"Saya, sebagai pribadi, senang bisa melihatnya kembali dan baik-baik saja," ucap sang presiden di Twitter dengan mengunggah momen Kim meresmikan pabrik pupuk.

Absennya Kim Jong Un, terutama di momen penting seperti hari kelahiran kakeknya Kim Il Sung, menjadi perhatian publik dan memunculkan spekulasi.

Kantor berita KCNA memberitakan, Kim menggunting pita sebagai tanda pabrik publik di Sunchon resmi beroperasi pada Jumat (1/5/2020).

Dilansir BBC Sabtu (2/5/2020), peresmian itu disambut dengan sorakan dan teriakan "hore" dari masyarakat yang memadati lokasi.

Pada Senin (27/4/2020), Trump menyiratkan bahwa Kim masih hidup, meski setelah itu dia melanjutkan dengan menolak untuk menjabarkannya.

Kedua pemimpin menjalin relasi yang unik, di mana mereka sudah bertemu sebanyak tiga kali semenjak momen di Singapura, pertengahan 2018.

Meski begitu, pembicaraan untuk mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea tidak mengalami perkembangan signifikan dalam tiga pertemuan tersebut.

Apa yang media Korea Utara katakan?

Berdasarkan laporan KCNA, Kim Jong Un ditemani sejumlah pejabat Korut, termasuk adik sekaligus penasihat terdekatnya, Kim Yo Jong.

"Pemotongan pita itu disambut dengan sorak bergemuruh dari rakyat untuk Pemimpin Tertinggi yang memimpin mereka menuju kemakmuran," ulas KCNA.

Kim disebutkan dia sangat puas dengan berdirinya pabrik itu, dan memujinya karena memberi kontribusi dalam industri kimia dan makanan.

S
Lihat Foto Foto dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), memperlihatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (dua kiri) menghadiri upacara peresmian pabrik pupuk di Provinsi Pyongan Selatan, Korea Utara, Jumat (1/5/2020). Ini menjadi kemunculan pertama Kim Jong Un setelah dikabarkan terakhir tampak pada 12 April lalu dan sempat dispekulasikan telah meninggal dunia.(AFP/KOREAN CENTRAL NEWS AGENCY V)

Bagaimana spekulasinya beredar?

Spekulasi mengenai kesehatan Kim mulai muncul setelah dia melewatkan Hari Matahari, yakni perayaan kelahiran mendiang kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved