Breaking News:

Luar Negeri

Donald Trump: "Intelijen Baru Saja Melapor kepada Saya Bahwa Saya Benar"

Presiden AS, Donald Trump menyalahkan pejabat intelijen AS karena tidak menjelaskan lebih cepat betapa berbahayanya potensi wabah virus Corona

AFP/ALEX WONG
Presiden AS, Donald Trump menggelar konferensi pers tentang perkembangan virus Corona di Gedung Putih, Washington, Jumat (17/4/2020). 

SERAMBINEWS.COM, WASHINGTON - Presiden AS, Donald Trump menyalahkan pejabat intelijen AS karena tidak menjelaskan lebih cepat betapa berbahayanya potensi wabah virus Corona

Trump bersikap defensif mengenai gagal bertindak setelah menerima peringatan awal dari pejabat intelijen dan pihak lain tentang virus Corona dan dampaknya

"Intelijen baru saja melaporkan kepada saya bahwa saya benar, dan bahwa mereka TIDAK mengemukakan masalah pokok virus Corona hingga akhir Januari 2020, sesaat sebelum saya melarang Cina dari AS," tulis Trump tanpa mengutip secara spesifik pada Minggu (3/5/2020).

"Juga, mereka hanya berbicara tentang Virus dengan cara yang sangat tidak mengancam, atau sebenarnya," tambahnya.

Trump sebelumnya berspekulasi bahwa Cina mungkin telah melepaskan virus semacam "kesalahan" yang mengerikan.

Badan intelijennya mengatakan mereka masih memeriksa gagasan yang diajukan oleh presiden dan pandemi itu mungkin akibat kecelakaan di laboratorium Cina.

Lagi-lagi Tuding China, Donald Trump Mengaku Punya Bukti Covid-19 dari Laboratorium

Positif Covid-19 di Amerika Serikat Lewati 1 Juta Kasus, Korban Tewas Melebihi Era Perang Vietnam

VIDEO - Rumah Sakit di Amerika Serikat Mulai Kewalahan, Mayat Ditumpuk Tak Beraturan

Tetapi, para pejabat AS percaya Cina menutupi tingkat wabah dan seberapa menularnya penyakit ini untuk menyimpan persediaan medis yang diperlukan, dokumen intelijen menunjukkan, seperti dilansir AP, Minggu (3/5/2020).

Para pemimpin Cina sengaja menyembunyikan keparahan pandemi dari dunia pada awal Januari 2020, menurut laporan empat halaman Departemen Keamanan Dalam Negeri tanggal 1 Mei .

Pengungkapan itu muncul ketika Trump telah meningkatkan kritiknya terhadap Cina, dengan Menlu Mike Pompeo mengatakan negara itu bertanggungjawab atas penyebaran penyakit.

Laporan itu juga mengatakan Cina menunda memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia bahwa virus Corona adalah penularan pada Januari 2020, sehingga dapat memesan pasokan medis dari luar negeri

Halaman
12
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved